01 Juni 2010

10 Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasionalBAHASA bisa dibilang merupakan salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Bayangkan jika di dunia ini tidak ada bahasa atau hanya ada 1 bahasa saja, apakah mungkin para ilmuwan bisa menciptakan penemuan-penemuan penting? Lalu, ada berapa sebenarnya jumlah bahasa di dunia? Menurut Ethnologue, saat ini ada sekitar 6.912 bahasa yang dituturkan orang di seluruh dunia. Jumlah ini tentu saja masih diragukan keakuratannya karena tiap hari ada bahasa baru yang mungkin muncul, sebaliknya ada pula bahasa yang punah. Kita sebagai orang Indonesia bolehlah sedikit berbangga karena  ternyata bahasa Indonesia masuk dalam 10 besar bahasa yang memiliki  jumlah penutur terbanyak di dunia. Hmmm....jadi ada berapa banyak jumlah penutur bahasa Indonesia? Jawabannya, silahkan ikuti daftar 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia yang dimulai dari urutan:

10. Bahasa Perancis

10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Bahasa yang sering disebut-sebut sebagai bahasa paling romantis di dunia ini selain digunakan di Perancis juga menjadi bahasa resmi di beberapa negara yang pernah dijajahnya. Bahasa Perancis juga adalah salah satu bahasa resmi di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) selain bahasa Inggris, Mandarin, Rusia, Spanyol dan Arab.
  • Jumlah penutur: sekitar 200 juta jiwa
  • Jenis Aksara: Latin
  • Negara Penutur: Perancis,  Monaco, Kanada, Swiss, Belgia, Luxemburg, Benin, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Afrika Tengah, Chad, Komoro, Kongo/Zaire, Pantai Gading, Djibouti, Guinea, Guinea Katulistiwa, Gabon, Guernsey, Madagaskar, Mali, Mauritius, Niger, Rwanda, Senegal, Seychelles, Togo, Haiti, Lebanon, Kaledonia Baru, Vanuatu. Polynesia, Martinique, Guadalupe. Bahasa resmi PBB.
  • Untuk menyapa dalam bahasa Perancis, ucapkan: "Bonjour" (bone-JOOR).
Referensi: (1)


9. Bahasa Bengali
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Bangladesh adalah sebuah negara dengan wilayah geografis yang kecil, tapi jumlah penduduknya mencapai 162 juta orang. Bahasa resmi Bangladesh adalah Bahasa Bengali. Karena wilayah Bangladesh hampir seluruhnya berbatasan dengan India maka jumlah penutur bahasa Bengali meluas hingga ke beberapa wilayah India.
  • Jumlah penutur: Sekitar 230 juta jiwa
  • Jenis Aksara: Bengali
  • Negara Penutur: Bangladesh, India
  • Untuk menyapa dalam bahasa Bengali, katakan “Ei Je” (EYE-jay).
Referensi: (1)


8. Bahasa Portugis
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Portugal memang hanyalah sebuah negara yang kecil dan bisa dikatakan salah satu negara miskin di Eropa. Namun pada abad ke 15, Portugal merupakan bangsa yang besar karena merekalah yang pertama-tama melakukan penjelajahan maritim ke berbagai penjuru dunia. Berkat jasa para penjelajah seperti Vasco da Gama, Henry the Navigator, Afonso de Albuquerque dan Pedro Álvares Cabral, Portugal menguasai wilayah-wilayah penting di Asia, Afrika dan Amerika Selatan dan kemudian menanamkan pengaruh kebudayaannya di sana.
  • Jumlah penutur: sekitar 240 juta jiwa
  • Jenis Aksara: Latin
  • Negara Penutur: Portugal, Brazil, Angola, Cape Verde, Timor Timur, Guinea-Bissau, Makau, Mozambique, São Tomé e Príncipe.
  • Untuk menyapa dalam bahasa Portugis, ucapkan: “Bom dia” (Bohn DEE-ah).
Referensi: (1)


7. Bahasa Melayu  (termasuk Bahasa Indonesia)
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu...  Bahasa Indonesia yang termasuk dalam rumpun bahasa Melayu ternyata berada pada urutan ke 7 dengan jumlah penutur sekitar 259 juta orang. Hitungan kasar ini didapatkan dari perkiraan jumlah penduduk Indonesia tahun 2009 yang mencapai 230 juta jiwa ditambah penduduk Malaysia 28 juta, penduduk Brunei 388 ribu serta sebagian kecil penduduk Thailand, Singapura dan Timor Timur. Jumlah ini mungkin bisa bertambah karena sejak tahun 2007 Bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai bahasa resmi kedua di Vietnam.

Fakta menarik tentang bahasa Indonesia:
  • Bahasa Indonesia menduduki peringkat 3 di Asia dan peringkat ke 26 di dunia dalam hal Tata bahasa terumit di dunia.
  • Bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki  peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di Asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa ke 3 yang paling banyak digunakan dalam postingan blog di wordpress.
Referensi: (1), (2), (3), (4)


6. Bahasa Rusia
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Mikhail Gorbachev, Vladimir Putin, Roman Abramovich, Anna Kournikova, dan si cantik Maria Sharapova adalah para penutur bahasa Rusia yang kita sudah kenal lewat berbagai pemberitaan media. Namun, selain mereka tentu saja ada 270-an juta orang lainnya yang menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa resmi.
  • Jumlah penutur: sekitar 278 juta jiwa
  • Jenis aksara: Cyrillic
  • Negara penutur: Rusia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova. Bahasa resmi PBB
  • Untuk menyapa dalam bahasa Rusia, ucapkan: “Zdravstvuite” (ZDRAST-vet-yah).
Referensi: (1)

5. Bahasa Arab
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia dan merupakan bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an. Bahasa Arab banyak meminjamkan kosa katanya ke sejumlah bahasa di Eropa utamanya bahasa Spanyol, Portugis dan Sisilia. Bahasa Arab, seperti juga bahasa Ibrani dan Persia memakai sistem penulisan aksara dari kanan ke kiri. Sejak tahun 1974, bahasa Arab digunakan sebagai salah satu bahasa resmi di PBB.
  • Jumlah penutur: sekitar 300 juta orang
  • Jenis aksara: Arab
  • Negara penutur: Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Niger, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Syria, Tunisia, Uni Emirat Arab, Sahara Barat, Yaman, Mauritania, Senegal, Mali. Bahasa resmi PBB
  • Untuk menyapa dalam bahasa Arab, ucapkan; Assalammualaikum Wr Wb.
Referensi: (1)


4. Bahasa Spanyol
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Setelah Portugal menguasai jalur-jalur maritim di Asia, Afrika dan Amerika pada abad ke 15, gantian Spanyol yang mendominasi wilayah-wilayah tersebut sejak abad ke 16 dan 17. Akibatnya, banyak kebudayaan Spanyol yang tertancap kuat di sana. Saat ini, Bahasa Spanyol banyak dipakai sebagai bahasa resmi negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan. Selain itu, bahasa Spanyol juga banyak dituturkan di beberapa negara bagian Amerika Serikat yang berbatasan dengan Meksiko. Bahkan beberapa kosa kata bahasa Inggris dipinjam dari bahasa Spanyol seperti tornado, bonanza, patio, quesadilla, Enchilada, dan taco grande supreme, dll.
  • Jumlah penutur: sekitar 400 juta
  • Jenis aksara: Latin
  • Negara penutur: Spanyol, Argentina, Bolivia, Chile, Dominican Republic, Ecuador, El Salvador, Guinea Katulistiwa, Guatemala, Honduras, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Mexico, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Puerto Rico, Uruguay, Venezuela
  • Untuk menyapa dalam bahasa Spanyol, ucapkan: “Hola”.
Referensi: (1)

3. Bahasa Hindi
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

India memang unik! Bayangkan saja, negara ini punya penduduk terbanyak kedua di dunia, film-film Bollywood, Taj Mahal, Raja Asoka yang Agung, Mahatma Gandhi.... ehh, ternyata India tidak memiliki bahasa nasional resmi. Bahasa Hindi yang dituturkan oleh sebagian besar masyarakat India hanya diakui sebagai bahasa resmi sehari-hari bersama bahasa Inggris dan bukan sebagai bahasa nasional oleh konsitusinya.
  • Jumlah penutur: sekitar 497 juta
  • Jenis aksara: Devanagari
  • Negara penutur: India, AS (100.000 jiwa), Mauritius (685.170 jiwa), Afrika Selatan (890.292), Yaman (232.760 jiwa), Uganda (147.000 jiwa), Singapura (5.000 jiwa), Selandia Baru (20.000 jiwa), Jerman (30.000 jiwa), Fiji, Nepal, Suriname, Trinidad & Tobago, Guyana dan Uni Emirat Arab.
  • Untuk menyapa dalam bahasa Hindi, ucapkan “Namaste” (Nah-MAH-stay).
Referensi: (1), (2), (3), (4)

2. Bahasa Inggris
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Nah, ini dia bahasa paling populer di dunia sekaligus bahasa yang paling banyak diadopsi menjadi bahasa resmi di beberapa negara dan organisasi internasional. Tercatat ada 53 negara dan 10 organisasi internasional yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Selain itu, hampir semua negara di dunia menerapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa nasionalnya masing-masing.
  • Jumlah penutur: sekitar 500 juta jiwa
  • Jenis aksara: Latin
  • Negara penutur: Inggris Raya, AS, Afrika Selatan, Antigua & Barbuda, Australia, Bahama, Bangladesh, Barbados, Belize, Botswana, Brunei Darussalam,  Dominika, Ethiopia, Eritrea, Fiji, Filipina, Gambia, Ghana, Grenada, Guyana, Hong Kong, India, Irlandia, Jamaika, Kamerun, Kanada, Kenya, Kiribati, Lesotho, Liberia, Malawi, Maladewa, Malta, Marshall Kepulauan, Maritius, Micronesia, Namibia, Nauru, Nigeria, Pakistan, Palau, Papua Nugini, Rwanda, Saint Kitts & Nevs, Saint Lucia, Saint Vincent & Grenada, Samoa, Selandia Baru, Seychelles, Sierra Leone, Singapura, Solomon Kepulauan, Somalia, Sri Lanka, Swaziland, Tanzania, Tonga, Trinidad & Tobago, Tuvalu, Uganda, Vanuatu, Zambia, Zimbabwe. Organisasi Internasional: PBB, Uni Eropa, Persemakmuran, CoE, NATO, NAFTA, OAS, OIC, PIF, UKUSA, dll.
  • Untuk menyapa dalam bahasa Inggris, ucapkan: F*** U.
    Referensi: (1)

1. Bahasa Mandarin
10 bahasa besar dunia, 10 bahasa dengan pengguna terbanyak, 10 bahasa internasional, peringkat bahasa, jumlah pengguna bahasa di dunia, sejarah bahasa mandarin, peta pengguna bahasa, bahasa-bahasa internasional

Tak salah lagi, Bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak dituturkan orang di seluruh dunia. Jumlah penduduk di China/Tiongkok saat ini diperkirakan hampir mencapai 1,4 milyar juta jiwa. Dari jumlah ini, semuanya diwajibkan bertutur kata resmi dalam satu bahasa yaitu Bahasa Mandarin. Belum lagi, para imigran Tionghoa di berbagai penjuru dunia yang setia menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa sehari-harinya.

Asal-usul kata Mandarin
Kata mandarin dalam bahasa Indonesia sendiri sepertinya diserap dari bahasa Inggris yang mendeskripsikan bahasa Cina juga sebagai bahasa Mandarin. Namun sebenarnya, kata Mandarin ini diserap bahasa Inggris dari bahasa Cina sendiri. Mandarin secara harfiah berasal dari sebutan orang asing kepada pembesar-pembesar Dinasti Qing di zaman dulu. Dinasti Qing adalah dinasti yang didirikan oleh suku Manchu, sehingga pembesar-pembesar kekaisaran biasanya disebut sebagai Mandaren (Hanzi: 滿大人) yang berarti Yang Mulia Manchu. Dari sini, bahasa yang digunakan oleh para pejabat Manchu waktu itu juga disebut sebagai bahasa Mandaren. Penulisannya berevolusi menjadi Mandarin di kemudian hari.
  • Jumlah penutur: sekitar 1,5 milyar jiwa.
  • Jenis aksara: Karakter Cina
  • Negara penutur: Cina dan komunitas keturunan Cina lainnya di seluruh dunia. Bahasa resmi PBB.
  • Untuk menyapa dalam bahasa Mandarin, ucapkan "Ni hao" (Nee HaOW)
Referensi: (1), (2), (3)

Disclaimer: Daftar di atas mungkin tidak akurat dan up-to-date karena hanya berdasarkan riset pribadi.

135 Responses to “10 Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia”

Ghustie Samosir mengatakan...
Minggu, Juni 06, 2010

berarti kita juga harus dikit bangga kalo bisa berbahasa indonesia, karna banyak juga kok yang pake bahasa kita, tapi emang lebih bagus kalo kita bisa menguasai setidaknya 2 bahasa :)
nice post...

Regards,

Ghustie Samosir
www.hanyainfo.blogspot.com

Khusus Dewasa Klik Disini atau Disini


Anonim mengatakan...
Kamis, Juni 10, 2010

izin..utk ditaruh diforum boss..biar yg lain bisa pada baca jg..thanks


mang eka mengatakan...
Senin, Juni 28, 2010

lam kenal...
bahasa merupakan cermin sejarah, jangan minder dg bahasa indon tp jangan juga alergi dg bahasa asing, nice post...


Adnan Perambahan mengatakan...
Selasa, Juni 29, 2010

@ghustie: setuju bro :)
@anonim: jgn lupa cantumin sumbernya yahh....
@mang eka: nice observation, bro...lam kenal juga :)


Anonim mengatakan...
Jumat, Juli 02, 2010

Aku bangga dapat barbahasa Indonesia dan menjadi orang Indonesia ...:))


Candra87 mengatakan...
Senin, Juli 26, 2010

kita harus bangga terhadap bahasa yang kita gunakan sekarang..banyak org luar dtg ke indo hanya untuk mempelajari budaya kita..
diluar negri pun banyak org yang memakai bahasa kita.(TKI maksudnya) =)) =))
mantap postingannya..

salam blogger
http://trick-ponsel.blogspot.com


Anonim mengatakan...
Selasa, November 16, 2010

Untuk menyapa dalam bahasa Inggris, ucapkan: F*** U. =)) lol


History Blog mengatakan...
Rabu, Desember 01, 2010

wah... Indonesia masuk ..! hebat!! :D


Bacodd mengatakan...
Sabtu, Februari 05, 2011

kalo cina ya iyalahhh....orang pada numpuk semua di cinanya!!!....geblekkk!!...


azgi mengatakan...
Kamis, Februari 10, 2011

ah sayang kenapa digabungin sama bahasa melayu sih? coba bahasa indonesia itu sendiri hehe


Qistina Satriavi mengatakan...
Senin, Maret 07, 2011

thanks infonya, sangat membantu :)


Dody mengatakan...
Minggu, April 03, 2011

artikel di blog ini menarik-menarik..
sempatkan juga untuk mengunjungi blogku juga ya http://dodyarief.blogspot.com


ranu sandi putra mengatakan...
Minggu, Mei 08, 2011

saya kira bahasa inggris yang paling banyak digunakan di dunia, eee.... ternyata bahasa cina,....ya penduduknya aja nomor 1 di dunia dan diwajibkan memakai bahasa ini,...wajar...wajar... bagaimana bahasa indonesia bisa disebarkan ? caranya ya nge blog dengan bahasa indonesia,....good posting.
Kalau sempat mampir ke blog saya di www.ranoojenecomputer.blogspot.com
thanks


Katrina Kaif mengatakan...
Senin, Juni 06, 2011

kalo cina ya iyalahhh....orang pada numpuk semua di cinanya!!!....


Syahid Faisal Kamal mengatakan...
Selasa, Juni 21, 2011

yahh no.1 nya pasti udah bisa ketebaklah... haha :))
kita semestinya bangga menjadi bangsa Indonesia dan memiliki bahasa besar yang diakui didunia, dan ada baiknya kebanggaan itu kita buktikan dengan menjadi bangsa yang besar dan disegani didunia ini. Dengan begitu tidak mustahil banyak bangsa yang ingin mempelajari bahasa kita seperti Vietnam sekarang. Saya harap suatu saat bahasa Indonesia menjadi salah bahasa resmi di PBB ;))


Ariq Fadlan mengatakan...
Senin, Juli 11, 2011

saya bangga menjadi orang indonesia! :D :D


Zeus Roverscream mengatakan...
Sabtu, Oktober 01, 2011

aq copas ya buat isi blog n' pengetahuan :((


bloging pendidikan wonogiri mengatakan...
Selasa, Oktober 18, 2011

hahahhaha tki banyakin biar b.indo makin banyak wkwkkwkwkwkkwkkw.... piss men man heheh...
file-education.blogspot.com


sprei murah mengatakan...
Rabu, Oktober 19, 2011

wow nice steady interesting and useful info, really nice blog
sprei anak


Anonim mengatakan...
Sabtu, Oktober 22, 2011

Lo GOBLOK banget sih!


foredi jakarta mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses


foredi jambi mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu


foredi jember mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu


foredi karawang mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil


foredi kendari mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih


foredi kupang mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses


foredi lampung mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih


Foredi Luar Negeri mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses


foredi madiun mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil


foredi magelang mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu


foredi makassar mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba


foredi malang mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Terimakasih Info dan Artikelnya. Wajib dicoba


foredi mamuju mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.


foredi manado mengatakan...
Kamis, Oktober 27, 2011

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu


jessica mengatakan...
Rabu, November 09, 2011

wah mantab... bahasa melayu and indonesia masuk 10 besar...


foredi ambon mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses


foredi bali mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses


foredi balikpapan mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil


foredi bandung mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu


foredi banjarmasin mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil


foredi batam mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses


foredi bekasi mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil


foredi bengkulu mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu


foredi bogor mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses


foredi cianjur mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses


foredi cilacap mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil


foredi cilegon mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses


foredi cimahi mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu


foredi cirebon mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil


foredi dr boyke mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu


Foredi mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil


foredi gel mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu


foredi gel apotik mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu


foredi depok mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.


foredi gorontalo mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.


foredi jakarta mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.


foredi jambi mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih


foredi jember mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Ilmu yang sangat bermanfaat silahkan dicoba,


foredi karawang mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

sangat infomatif Artikelnya, harus dicoba


foredi kediri mengatakan...
Jumat, November 11, 2011

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil


wish beauty bust mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu


cara membuat blog mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses


cara membuat situs mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses


cara buat website mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses


bisnis internet mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses


bisnis online mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimakasih


buah merah mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.


buah merah mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses


kapsul buah merah mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses


harga crystal x mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil


kristal x mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu


Motorcycles For Sale mengatakan...
Kamis, Desember 08, 2011

Nice post. we are impressed by the way you produce a clear description of your topic. thanks for the information and keep on posting thank you


les notes de Suhoor mengatakan...
Selasa, Januari 17, 2012

¡Hola! And f**** U. =) *aku menyapamu. :)


TEAM 13 mengatakan...
Minggu, Januari 22, 2012

Nice posting mas...:)


TEAM 13 mengatakan...
Minggu, Januari 22, 2012

nice posting...


Jefry mengatakan...
Jumat, Januari 27, 2012

Semoga makin banyak negara di dunia yang menggunakan bahasa Indonesia


Anonim mengatakan...
Selasa, Januari 31, 2012

artikel yang bagus gan. terima kasih


Anonim mengatakan...
Selasa, Januari 31, 2012

artikel ini membuktikan bhwa kemampuan diplomasi wakil2 kita di dunia masih kurang kalo ngga bisa dikatakan tidak ada. la bhs perancis aja yang jml penuturnya hanya 200jt bisa menjadi bahasa resmi di PBB kenapa bhs Indonesia yg penuturnya hampir 260 juta tidak bisa. Mimpi bahasa Indonesia bisa sejajar dengan bhasa2 lain menjdi bhs resmi di PBB


obat herbal diabetes tipe 2 mengatakan...
Selasa, Januari 31, 2012

hebat indonesia termasuk juga ternyata,,,,


obat herbal kanker payudara mengatakan...
Selasa, Februari 28, 2012

hebat bahasa melayu masuk 7besar bahasa yang sering di gunakan


Cheap Computer mengatakan...
Sabtu, Maret 03, 2012

keren gan..bahasa indonesia masuk


Wisata indonesia mengatakan...
Sabtu, Maret 03, 2012

moga bahasa indonesia menjadi penutur terbanyak di dunia


Administrator mengatakan...
Rabu, April 18, 2012

sobat kunjungi situs saya ya di http://baguspost.blogspot.com


Rizal Sya'bani mengatakan...
Minggu, April 22, 2012

Makasih infonya. Salut dengan bahasa Indonesia yang menjadi peringkat ke 7 , kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia.

Minta izin share Sob. Makasih.


Rizal Sya'bani mengatakan...
Minggu, April 22, 2012 Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Anonim mengatakan...
Kamis, Juli 05, 2012

boleh tahu dapat sumbernya dari mana?
soalnya buat referensi skripsi saya.
trims.


Cara Membuat Website mengatakan...
Sabtu, Juli 21, 2012

Dapat tambahan wawasan hari ini. Terima kasih atas Artikel dan Infonya.


Tanda Tanda HIV mengatakan...
Selasa, Juli 24, 2012

Saat saya baca Artikel ini ternyata tipsnya benar benar menarik
saya akan mencobanya dan berkunjung kembali salam sukses selalu


ՀբԻւօու ՒօՊձ Ււօ ԶսլեօՊ mengatakan...
Rabu, Agustus 15, 2012

lumayan, daripada lumanyun. .


cuman gudang ilmu mengatakan...
Senin, Agustus 20, 2012

wooiiii stupiud blogg,.
kalau postingan gak akurat gak usah memosting klw gak tau,...kamu hanya menkategorikan hanya berdasarkan kamu stupidd

klw gak percaya nie liat nie anjing :http://www.andaman.org/BOOK/reprints/weber/Weber-TopTen2.jpg

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.andaman.org/BOOK/reprints/weber/rep-weber.htm


Anonim mengatakan...
Senin, Agustus 27, 2012

INDONESIA cintaku tanah airku !!


WikiVitamin.Com mengatakan...
Selasa, Oktober 09, 2012

bahasa melayu mantap juga..


Cara Mengobati Penyakit Jantung mengatakan...
Selasa, Januari 29, 2013

makasih informasinya,,,,


Alfian Nangili mengatakan...
Jumat, Februari 22, 2013

Berita Terbaru

Free Full Crackeygen Software

Tips Trik Tutorial

Profil Biografi

Contoh Surat

Anangili

Seo Gila

Liputan 86


SALING INDONESIA mengatakan...
Rabu, Mei 15, 2013

informasi yang sangat menarik


jasa translate korea mengatakan...
Minggu, Mei 19, 2013

Wah ternyata indonesia no 7 y :D


JAsa artikel mengatakan...
Minggu, Mei 19, 2013


Jual Pucuk Merah

jual pisang

jual krisan

jual mutiara

konveksi malang


Star Brains mengatakan...
Minggu, Mei 19, 2013

Bener" mantap

konveksi tulungagung

jual rumput laut

mobil pengantin

bunga anggrek

jual anggrek

jasa translate


Terbaru Terupdate Terbaik mengatakan...
Senin, Mei 27, 2013

Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk berkomentar, postingan ini sangat bermanfaat buat saya ;).
Silahkan di hapus jika kurang berkenan :)

obat pembesar penis alami
pelangsing badan herbal
Lowongan Kerja terbaru
Artikel Terbaru Terupdate Terbaik
Lowongan Kerja Indonesia
Kliknesia
Prediksi Jitu Togel Skor Bola
Info Unik Aneh Menarik
Cerita Dewasa
Lowongan Kerja januari
Lowongan Kerja februari
Lowongan Kerja maret
Lowongan Kerja april
Lowongan Kerja mei
Lowongan Kerja juni
Lowongan Kerja juli
Lowongan Kerja agustus
Lowongan Kerja september
Lowongan Kerja oktober
Lowongan Kerja november
Lowongan Kerja desember


Evatul Jannah mengatakan...
Selasa, Juni 04, 2013

haaaaaaaaa????? o.O saya nggk nyangka, ternyata bahasa Mandarin lebih banyak dari pada bahasa Inggris.


IBRAHIM MALAYSIA mengatakan...
Rabu, Juni 19, 2013

>>>SEKEDAR INFO TOGEL
JIKA ANDA BUTUH A'NGKA GOIB/JITU
2D_3D_4D_DIJAMIN 100% JEBOL...
SAYA BUKTINYA SUDAH 4X JP
DAN SAYA SUDAH BENER2 YAKING DENGAN MBAH RORO
YG TLAH MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA.

BAGI ANDA YG SUKA MAIN TOGEL
& INGIN SEPERTI SAYA SILAKAN GABUNG DENGAN MBAH RORO

HUB: 085-219-292-107 atau ingin info lenkap,:KLIK DISINI untuk bergabung
(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)
«´ Thanks sOb `»
(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)` <<<


ibu murni jakarta mengatakan...
Senin, Juli 22, 2013

SEKEDAR INFO KAMI SAMPAIKAN..........
Saya pemenang dari angka jitu KI HAKIM SULTAN karna dulunya saya orangnya susah dan di lilit hutang semua barang2 saya sudah saya gadaikan semua gara gara main togel dan bantuan KI HAKIM SULTAN membuat kami berhasil dan seluruh hutang2 kami semuanya sudah lunas jasa Jasa KI HAKIM SULTAN membuat kami bangga karna AKI sudah membantu kami semuanya jadi bagi yang ingin seperti saya silahkan hub lansung KI HAKIM SULTAN di nmor 0852=3373=9257 anda tidak usah ragu untuk mengambil angka jitu KI HAKIM SULTAN caranya mudah untuk mengambil angka jitu anda tinggal mendaftarkan diri sebagai member tetap KI HAKIM SULTAN silahkan kirim nama lengkap alamat lengkap dan pulsa 150rb begitulah saya daftar diri dulu saya tidak sia sia bayar pendaftarnya 150rb silahkan hub 085233739257.



SEKEDAR INFO KAMI SAMPAIKAN..........
Saya pemenang dari angka jitu KI HAKIM SULTAN karna dulunya saya orangnya susah dan di lilit hutang semua barang2 saya sudah saya gadaikan semua gara gara main togel dan bantuan KI HAKIM SULTAN membuat kami berhasil dan seluruh hutang2 kami semuanya sudah lunas jasa Jasa KI HAKIM SULTAN membuat kami bangga karna AKI sudah membantu kami semuanya jadi bagi yang ingin seperti saya silahkan hub lansung KI HAKIM SULTAN di nmor 0852=3373=9257 anda tidak usah ragu untuk mengambil angka jitu KI HAKIM SULTAN caranya mudah untuk mengambil angka jitu anda tinggal mendaftarkan diri sebagai member tetap KI HAKIM SULTAN silahkan kirim nama lengkap alamat lengkap dan pulsa 150rb begitulah saya daftar diri dulu saya tidak sia sia bayar pendaftarnya 150rb silahkan hub 085233739257.


Zodiak Hari Ini mengatakan...
Selasa, Agustus 06, 2013

Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk berkomentar, postingan ini sangat bermanfaat buat saya ;).
Silahkan di hapus jika kurang berkenan :)

Lowongan Kerja
Ramalan Zodiak Hari Ini
Tips Kerja
Lowongan Kerja
Prediksi Bola Togel
Prediksi Togel
Togel Hari Ini


Anonim mengatakan...
Selasa, Agustus 06, 2013


1. Percetakan Kalender Murah 2014
2. Losta Radio Blitar
3. MutiaraBijak.com Kata Kata Mutiara dan Kata Kata Bijak Cinta
4. Google.co.id
5. Store kios Online Terbesar Di Indonesia
6. Citra Indah Citra Gran
7. Citra Indah Citra Indah
8. Cari Uang Lewat Ekiosku.com
9. Citra Indah Citra Gran
10. Belanja Elektronik Di Evoelectronic.com
11. Nulis | Belajar | Seo
12. Domain Hosting Love


musdalipa bogor mengatakan...
Minggu, Agustus 11, 2013

terima kasih banyak kepada BU RATU atas nomor togelnya yang telah diberikan alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus BU dan berkat bantuan IBU saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2. yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub BU RATU:(DI)082=317=537=775) JIKA ANDA INGIN MENGUBAH NASIB ANDA SILAHKAN BUKTIKAN SENDIRI KAWAN… thank’z roomnya sobat.★



terima kasih banyak kepada BU RATU atas nomor togelnya yang telah diberikan alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus BU dan berkat bantuan IBU saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2. yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub BU RATU:(DI)082=317=537=775) JIKA ANDA INGIN MENGUBAH NASIB ANDA SILAHKAN BUKTIKAN SENDIRI KAWAN… thank’z roomnya sobat.★



terima kasih banyak kepada BU RATU atas nomor togelnya yang telah diberikan alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus BU dan berkat bantuan IBU saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2. yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub BU RATU:(DI)082=317=537=775) JIKA ANDA INGIN MENGUBAH NASIB ANDA SILAHKAN BUKTIKAN SENDIRI KAWAN… thank’z roomnya sobat.★


Toko Bagus Online mengatakan...
Selasa, September 03, 2013

Banggalah dengan bahasa indonesia


ahmad suyuthi mengatakan...
Sabtu, September 21, 2013

keren lah indonesia


IBU NURMIA DI BAKASI mengatakan...
Minggu, September 22, 2013

assalamualaikum wr, wb MBAH... saya: dari
salam hormat saya ucapkan pada MBAH dan juga terima kasih banyak atas semua bantuannya karna MBAH JORO sudah memberikan angka hasil ritualnya kepada saya dan alhamdu lillah benerang tembus
akhirnya aku menang main togel dan dapat banyak
yah lumayan cukup untuk ngajak keluarga liburang dan juga cukup untuk buka usaha kecil2lang
MBAH sekali lagi terima kasih banyak atas bantuan MBAH
karna sudah sekian lama anak istri menrenget minta liburang kebali tapi uangnya nga cukup2 untuk ngajak mereka pergi tp setelah MBAH kasih saya angka 4D dan saya menang akhirnya saya sudah bisa mewujutkan keinginan mereka
sunggu sangat bahagi bisa melihat anak istri bisa tertawa lepas karna mereka adalah segalahnya bagiku munking tampa bantuan MBAH sampai sekarang aku blum bisa mewujutkan keinginan keluargaku
sekali lagi terima kasih banyak MBAH JORO

dan bagi saudara yang pengen mendapatkan angka hasil ritual yang asli bisa terjamin 100% tembus silakan bergabun dengan MBAH JORO di nmr: (((_0823_4557_3962_)))
ATAU KUNJUGI WAPSITE ASLI MBAH JORO DI >>>ATAU >> >>>KLIK DISINI<<



..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..



SELAM KOMPAK SELALU
dan
selamat buat yg JUPE hari ini.




IBU NURMIA DI BAKASI mengatakan...
Minggu, September 22, 2013

assalamualaikum wr, wb MBAH... saya: dari
salam hormat saya ucapkan pada MBAH dan juga terima kasih banyak atas semua bantuannya karna MBAH JORO sudah memberikan angka hasil ritualnya kepada saya dan alhamdu lillah benerang tembus
akhirnya aku menang main togel dan dapat banyak
yah lumayan cukup untuk ngajak keluarga liburang dan juga cukup untuk buka usaha kecil2lang
MBAH sekali lagi terima kasih banyak atas bantuan MBAH
karna sudah sekian lama anak istri menrenget minta liburang kebali tapi uangnya nga cukup2 untuk ngajak mereka pergi tp setelah MBAH kasih saya angka 4D dan saya menang akhirnya saya sudah bisa mewujutkan keinginan mereka
sunggu sangat bahagi bisa melihat anak istri bisa tertawa lepas karna mereka adalah segalahnya bagiku munking tampa bantuan MBAH sampai sekarang aku blum bisa mewujutkan keinginan keluargaku
sekali lagi terima kasih banyak MBAH JORO

dan bagi saudara yang pengen mendapatkan angka hasil ritual yang asli bisa terjamin 100% tembus silakan bergabun dengan MBAH JORO di nmr: (((_0823_4557_3962_)))
ATAU KUNJUGI WAPSITE ASLI MBAH JORO DI >>>ATAU >> >>>KLIK DISINI<<



..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..



SELAM KOMPAK SELALU
dan
selamat buat yg JUPE hari ini.




PAK AGUS mengatakan...
Rabu, September 25, 2013

assalamualaikum wr, wb MBAH... saya: dari
salam hormat saya ucapkan pada MBAH dan juga terima kasih banyak atas semua bantuannya karna MBAH sudah memberikan angka hasil ritualnya kepada saya dan alhamdu lillah benerang tembus
akhirnya aku menang main togel dan dapat banyak
yah lumayan cukup untuk ngajak keluarga liburang dan juga cukup untuk buka usaha kecil2lang
MBAH sekali lagi terima kasih banyak atas bantuan MBAH
karna sudah sekian lama anak istri menrenget minta liburang kebali tapi uangnya nga cukup2 untuk ngajak mereka pergi tp setelah MBAH kasih saya angka 4D dan saya menang akhirnya saya sudah bisa mewujutkan keinginan mereka
sunggu sangat bahagi bisa melihat anak istri bisa tertawa lepas karna mereka adalah segalahnya bagiku munking tampa bantuan MBAH sampai sekarang aku blum bisa mewujutkan keinginan keluargaku
sekali lagi terima kasih banyak MBAH RORO

dan bagi saudara yang pengen mendapatkan angka hasil ritual yang asli bisa terjamin 100% tembus silakan bergabun dengan MBAH RORO di nmr: (((_0852_1929_2107_)))
ATAU KUNJUGI WAPSITE ASLI MBAH RORO=>>>>KLIK*DISINI<< <



..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..



SELAM KOMPAK SELALU
dan
selamat buat yg JUPE hari ini.


REVAN PAPUA mengatakan...
Selasa, Oktober 01, 2013

Assalamualaikum wr.wb saya REVAN ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor BU RATU dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi BU RATU dan mengikuti 4D nya yaitu 7281 dan alhamdulillah berhasil..dan saya mendapatkan kemenangan sebesar 150 jta!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG BU RATU DI.NO:082=317=537=775
nomor ritual BU RATU meman benar2 100% tembus.
saya sudah membuktikan nya.THANKZ ROOMX ZHOBATH







Assalamualaikum wr.wb saya REVAN ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor BU RATU dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi BU RATU dan mengikuti 4D nya yaitu 7281 dan alhamdulillah berhasil..dan saya mendapatkan kemenangan sebesar 150 jta!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG BU RATU DI.NO:082=317=537=775
nomor ritual BU RATU meman benar2 100% tembus.
saya sudah membuktikan nya.THANKZ ROOMX ZHOBATH







Assalamualaikum wr.wb saya REVAN ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor BU RATU dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi BU RATU dan mengikuti 4D nya yaitu 7281 dan alhamdulillah berhasil..dan saya mendapatkan kemenangan sebesar 150 jta!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG BU RATU DI.NO:082=317=537=775
nomor ritual BU RATU meman benar2 100% tembus.
saya sudah membuktikan nya.THANKZ ROOMX ZHOBATH



















miaamel amelia mengatakan...
Sabtu, Oktober 26, 2013

Kami sekeluarga dari cibubur,cuma ingin menyarankan kepada saudara yang sering kalah dalam bermain TOGEL,dan hancur gara gara TOGEL,Disini kami punya solusi buat anda semua,segera menghubungi,KY SUGENG HARYONO DI;0852 1802 5454,saya yakin anda tidak akan kecewa,karna saya sudah membuktikannya


afnan atma purnama mengatakan...
Selasa, Oktober 29, 2013

KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT


KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT


KALAU ANDA MAU ANGKA PREDIKSI TOGEL SGP/HKG ATAU 2D,3D,4D,HASIL RITUAL HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;0852 1697 7745 DI JAMIN TEMBUS AKURAT


ITUPOKER.COM AGEN POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA mengatakan...
Kamis, November 07, 2013

Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk berkomentar, postingan ini sangat bermanfaat buat saya ;).
Silahkan di hapus jika kurang berkenan :)

ITUPOKER.COM AGEN POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA


Daun Hijau mengatakan...
Kamis, November 21, 2013

Artikel-artikel di sini sangat bermanfaat. Izin share dengan menyebutkan sumber ini, makasih.


Pak saik medan mengatakan...
Minggu, November 24, 2013

kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH WIDODO ,
YG tlah menbantu saya dalam bermain toto singapura angka ritual goib yg MBAH WIDODO kirim 4D (7402) terbukt7402i TGL 23/11/2013 tembus kemarin allhamdulillah saya sudah membayar semua hutang2 saya dan tak lupa pula saya sedakahkan ke MESJID
& ANAK YATIM terima kasih YA ALLAH atas reski yg tlah engkau berikan kepada saya,,,
DAN tak lupa jg saya ucapkan banyak2 terima kasih sama MBAH WIDODO,
kalau bukan karna beliu munking saya tidak akan seperti ini
MBAH WIDODO tdk pernah megumbar janji2 manis,,,,,,,, fakta & keyataan yg berbicara,
sudah banyak member beliu yg terlepas dr hutang piutang & sukses,, salah satunya adalah saya sendiri,
apakah anda ingin sukses seperti saya,,,,???
tunggu apalagi HUB MBAH WIDODO no ( 082-320-755-559 )
hubungi langsung yakin & percaya anda tdk akan kecewa,,,,,!!!
terima kasih roomnya


d!n@ mengatakan...
Rabu, November 27, 2013

Dh nama pun bahasa Indonesia di bwh rumpun bahasa Melayu. Tau apa itu Melayu? Pribumi yg tinggal di kepulauan Madagascar ke Taiwan(sesetgh saja) ke benua Australia (skit saja) ke kepulauan hawaii, semuanya digelar sbgai Melayu, cuma, di bwh melayu itu , byk etniknya. Belajar sejarah ya..... Salam dri Tanah Melayu


d!n@ mengatakan...
Rabu, November 27, 2013

Dh nama pun bahasa Indonesia di bwh rumpun bahasa Melayu. Tau apa itu Melayu? Pribumi yg tinggal di kepulauan Madagascar ke Taiwan(sesetgh saja) ke benua Australia (skit saja) ke kepulauan hawaii, semuanya digelar sbgai Melayu, cuma, di bwh melayu itu , byk etniknya. Belajar sejarah ya..... Salam dri Tanah Melayu


pakyunusdikalimantan@gmail.com mengatakan...
Senin, Desember 02, 2013

Alhamdulillah berkat bantuan angka yang di berikan oleh AKY PANDAWA ARYA,akhirnya saya bisa menang angka 3D sebesar 47jt dan saya bisa membayar utang-utang dan akhirnya bisa buka usaha sendiri.Jadi saya cuma menyampaikan melalui pesan singkat,bagi anda yang ingin menang dengan angka hasil ritual yang sudah di jamin tembus silahkan hubungi AKY PANDAWA ARYA di nomor 085 216 977 745.Bagi anda yang sudah menghubungi AKY PANDAWA ARYA semoga bisa berhasil seperti amin.


Alhamdulillah berkat bantuan angka yang di berikan oleh AKY PANDAWA ARYA,akhirnya saya bisa menang angka 3D sebesar 47jt dan saya bisa membayar utang-utang dan akhirnya bisa buka usaha sendiri.Jadi saya cuma menyampaikan melalui pesan singkat,bagi anda yang ingin menang dengan angka hasil ritual yang sudah di jamin tembus silahkan hubungi AKY PANDAWA ARYA di nomor 085 216 977 745.Bagi anda yang sudah menghubungi AKY PANDAWA ARYA semoga bisa berhasil seperti amin.


Alhamdulillah berkat bantuan angka yang di berikan oleh AKY PANDAWA ARYA,akhirnya saya bisa menang angka 3D sebesar 47jt dan saya bisa membayar utang-utang dan akhirnya bisa buka usaha sendiri.Jadi saya cuma menyampaikan melalui pesan singkat,bagi anda yang ingin menang dengan angka hasil ritual yang sudah di jamin tembus silahkan hubungi AKY PANDAWA ARYA di nomor 085 216 977 745.Bagi anda yang sudah menghubungi AKY PANDAWA ARYA semoga bisa berhasil seperti amin.


bpk roy mengatakan...
Minggu, Desember 08, 2013

APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI INI;
1biggrinILILIT HUTANG
2:SELALU KALAH DALAM BERMAIN TOGEL
3:BUTUH MODAL DALAM BUKA USAHA
4razzENGLARIS USAHA
5:BARANG BERHARGA ANDA SUDAH HABIS
BUAT JUDI TOGEL
ANDA SUDAH KEMANA MANA TAPI TIDAK MENDAPATKAN
SOLUSI YANG TEPAT,JANGAN ANDA RAGU
UNTUK MENGHUBUNGI LANGSUN aki santanu hub 082 317 877 775DAN MUDAH MUDAHAN
INI SUDAH BISA MENJADI SOLUSI YANG SANGAT TEPAT
KARNA RAMALAN ki santanu
MEMAN MEMILIKI RAMALAN
“GHOIB” YANG DIJAMIN
100% TEMBUS,ADAPUN RAMALAN INI DIDAPAT
MELALUI “RITUAL KHUSUS”
DAN RAMALAN INI TELAH
TERBUKTI SELAMA 3 TAHUN
TIDAK PERNAH GAGAL DAN
SELALU TEMBUS,UNTUK MENDAPATKAN RAMALAN
TEMBUS ki santanuANDA HARUS
MENGIRIM PULSA DULU SEBANYAK 100 RIBU
UNTUK MENJADI MEMBER DAN ANDA AKAN
DIBANTU DALAM 4X PUTARAN.
JANGAN ANDA
RAGU SOAL MASALAH
ANKA YANG AKAN
DIBERIKAN SAMA ki santanuKARNA ANKA
YANG ANDA DAPATKAN
ADALAH ANKA RITUAL YANG
DIJAMIN 100% TEMBUS DAN
SUDAH BANYAK ORANG
YANG DIBANTUH SAMA ki santanu..DAN ALHAMDULILLAH
MEREKA SEMUA SUDAH
BERHASI… BETAPA
INDAHNYA BILA SALING
BERBAGI,BETAPA BAHAGIA
BILA MENJADI YG TERBAIK,BETAPA GEMBIRA BILA KITA
JP BARENG HANYA SALING
BERBAGI BISA MENCAPAI
KEBERHASILAN,DAN SILAHKAN
MENUJU HARI YG SUDAH
TERSEDIA,,JIKA ANDA INGIN MENCAPAI KEBERHASILAN
SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI
ki santanu 082 317 877 775


msport.co.id mengatakan...
Selasa, Desember 24, 2013

Tambah satu Lagi artikel yang bermanfaat, izin bookmark dulu dan keep share :D

Lapangan Futsal
Futsal
Jasa Lapangan Futsal


IBU NURMIA DI BAKASI mengatakan...
Rabu, Januari 22, 2014

SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALI,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALI DAN AKHIRNYA AKI ALI MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALI SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALI…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALI DI:0823=9433=4877,ATAU KUNJUNGI BLOG AKI ALI: >>>KLIK DISINI<<























SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALI,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALI DAN AKHIRNYA AKI ALI MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALI SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALI…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALI DI:0823=9433=4877,ATAU KUNJUNGI BLOG AKI ALI: >>>KLIK DISINI<<


obat herbal hiv aids mengatakan...
Kamis, Januari 30, 2014

Terima kasih banyak atas semua infonya, salam sukses..
http://goo.gl/4NLscu


obat herbal hiv aids mengatakan...
Kamis, Januari 30, 2014

Terima kasih banyak atas semua infonya, salam sukses..
http://goo.gl/4NLscu


khasiat sarang semut mengatakan...
Rabu, Februari 05, 2014



Sarang Semut Papua
Buah Merah Papua
Rumput kebar Papua
Kayu Akway


buah merah mengatakan...
Rabu, Februari 05, 2014

mantap


ibu juliana di nias mengatakan...
Jumat, Februari 07, 2014

Anda ingin merubah nasib dengan cara main togel asalkan yakin dan percaya dengan angka yg beliu berikan insya allah pasti anda jauh dari hutan mengapa kami mengatakan demikian angka buat pasan togel yg beliu berikan nantinya sudah beliu masukkan angka ghoib jin, yg kami sembah sebelum mendapatkan angka bocoran togel sgp/hk maka dari itu jangan remehkan,,,,,,karna tidak semudah yang anda pikirkan dengan apa yang terjadi dangan kami,sebelum bergabung anda pikir baik2 karna tidak ada sama sekalih ungsur-ungsur paksaan atau rayuan””””” jika butuh angka ghoib /riktual 2d 3d 4d untuk togel sgp/hkn di jamin jebol selama 5x putaran silahkan anda hub AKI SOLEH di 082=313=336=747 bliu mengeluarkan angka ghoib yg bener2 pas dan akurat;;;;;;sebelum bergabun anda harus menjadi member conto/ketik/nama,alamat dan provinsi,anda memilih paket,2d,3d,4d,atau call/sms/ AKI SOLEH di 082=313=336=747 insya allah pasti DI bantu bliu setiap putaran trima kasih roomnya shobat….?.



































Anda ingin merubah nasib dengan cara main togel asalkan yakin dan percaya dengan angka yg beliu berikan insya allah pasti anda jauh dari hutan mengapa kami mengatakan demikian angka buat pasan togel yg beliu berikan nantinya sudah beliu masukkan angka ghoib jin, yg kami sembah sebelum mendapatkan angka bocoran togel sgp/hk maka dari itu jangan remehkan,,,,,,karna tidak semudah yang anda pikirkan dengan apa yang terjadi dangan kami,sebelum bergabung anda pikir baik2 karna tidak ada sama sekalih ungsur-ungsur paksaan atau rayuan””””” jika butuh angka ghoib /riktual 2d 3d 4d untuk togel sgp/hkn di jamin jebol selama 5x putaran silahkan anda hub AKI SOLEH di 082=313=336=747 bliu mengeluarkan angka ghoib yg bener2 pas dan akurat;;;;;;sebelum bergabun anda harus menjadi member conto/ketik/nama,alamat dan provinsi,anda memilih paket,2d,3d,4d,atau call/sms/ AKI SOLEH di 082=313=336=747 insya allah pasti DI bantu bliu setiap putaran trima kasih roomnya shobat….?.


obat herbal mani encer mengatakan...
Rabu, Februari 19, 2014

Terima kasih banyak atas semua infonya, salam sukses yah gan..
http://goo.gl/su0ebq


bpk wijaya mengatakan...
Selasa, Februari 25, 2014

Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SGP 4D SENIN 24 FEBRUARY 2014 DENGAN ANGKA 8797 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 500 juta. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI JAYA" Di (((085-321-606-847_))) Terimakasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda.










Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SGP 4D SENIN 24 FEBRUARY 2014 DENGAN ANGKA 8797 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 500 juta. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI JAYA" Di (((085-321-606-847_))) Terimakasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda.


Prediksi Togel mengatakan...
Rabu, Maret 05, 2014

Selamat Datang di Website OM AGUS
Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=OM AGUS, 2D,3D,4D
di jamin Tembus 100% silahkan:
Hub : (OM AGUS)
(085-399-278-797)
Adapun Besar Pergantian
Biayanya tergantung Paket Yang kami berikan


obat herbal alergi mengatakan...
Kamis, Maret 13, 2014

Terima kasih banyak atas semua infonya, salam sukses..
http://goo.gl/5zJIpW


PAK HERMAWAN DI KAL-TIM mengatakan...
Selasa, Maret 25, 2014

Kami sekeluarga ingin megucapkang banyak terimah kasih kepada AKI JOYO WIJOYO karna angka yang AKI,
berikan kepada saya,alhamdulillah saya udah menang 3 kali berturut turut dan itu semua berkat bantuan
AKI JOYO WIJOYO yang telah memberikan angka jitunya kepada saya dan alhamdulillah ternyata berhasil..,saya
sangat percaya sama anka ritual AKI JOYO WIJOYO karna anka dari AKI memang sangat tepat dan inI bukan
hanya sekedar rekayasa tapi ini meman kenyataan dan saya sudah lihat buktinya sendiri dan kini saya
sudah sangat bersyukur melihat kondisi kehidupan keluarga saya yang sudah jauh lebih baik dari
sebelumnya,saya tidak akan melupakan kebaikan AKI JOYO WIJOYO dan saya berencana untuk berkunjun ke
kediaman AKI bulan ini untuk mengucapkan banyak terimah kasih yang sebesar besarnya karna cuma beliau
lah satu satunya para normal yang bisa membantu saya..dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi
AKI JOYO WIJOYO di 082 322 214 909 ATAU ANDA KLIK WEBS AKI JOYO WIJOYO DI
>>WWW.HARIANTOGELSINGAPORE-4D.COM<<
ini bukan rekayasa dan yang saya tulis ini tidak ada unsur unsur kebohongan
dari saya.













Kami sekeluarga ingin megucapkang banyak terimah kasih kepada AKI JOYO WIJOYO karna angka yang AKI,
berikan kepada saya,alhamdulillah saya udah menang 3 kali berturut turut dan itu semua berkat bantuan
AKI JOYO WIJOYO yang telah memberikan angka jitunya kepada saya dan alhamdulillah ternyata berhasil..,saya
sangat percaya sama anka ritual AKI JOYO WIJOYO karna anka dari AKI memang sangat tepat dan inI bukan
hanya sekedar rekayasa tapi ini meman kenyataan dan saya sudah lihat buktinya sendiri dan kini saya
sudah sangat bersyukur melihat kondisi kehidupan keluarga saya yang sudah jauh lebih baik dari
sebelumnya,saya tidak akan melupakan kebaikan AKI JOYO WIJOYO dan saya berencana untuk berkunjun ke
kediaman AKI bulan ini untuk mengucapkan banyak terimah kasih yang sebesar besarnya karna cuma beliau
lah satu satunya para normal yang bisa membantu saya..dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi
AKI JOYO WIJOYO di 082 322 214 909 ATAU ANDA KLIK WEBS AKI JOYO WIJOYO DI
>>WWW.HARIANTOGELSINGAPORE-4D.COM<<
ini bukan rekayasa dan yang saya tulis ini tidak ada unsur unsur kebohongan
dari saya.


bpk.jao sakaires timur leste mengatakan...
Jumat, Maret 28, 2014

Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka goib MBAH RINGGO telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama MBAH RINGGO 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 85 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih MBAH RINGGO jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergbung dengan MBAH RINGGO DI (085205213777)


obat herbal alergi mengatakan...
Kamis, April 03, 2014

Terima kasih banyak atas segala infonya..
http://goo.gl/z5g6eA


obat herbal alergi mengatakan...
Senin, April 21, 2014

Terima kasih banyak atas segala infonya..
http://goo.gl/z5g6eA


Poskan Komentar

All Rights Reserved Asal Usul | Blogger Template by Bloggermint
Sponsored by IdolTracer