20 Juni 2009

Bemo, Dulu Menggemaskan Sekarang Mengenaskan

Bemo, Daihatsu Midget, Midget, Angkutan Umum, Becak MotorKENDARAAN berbentuk lucu dan unik ini dulunya sempat menjadi raja jalanan di sejumlah negara Asia termasuk Indonesia. Bentuk unik dan kapasitas muatan penumpang dan barang yang lebih besar daripada bajaj dan becak membuat Bemo menjadi sarana angkutan favorit di negeri kita era tahun 60-an, 70-an, sampai awal 80-an. Saking lekatnya ingatan orang pada bemo, sampai-sampai bentuknya sering diasosiasikan pada bentuk muka seseorang. Tentu anda masih ingat kan dengan salah satu komedian terkenal Alm. Wahyu Sardono alias Dono Warkop DKI yang sering dijuluki Dono Bemo.

Sayangnya, walaupun bemo dulunya sangat terkenal mungkin masih banyak orang yang belum tahu asal usul bemo ini termasuk saya sendiri. Karena penasaran ditambah rasa kangen pengen naik bemo lagi (walaupun sekarang sudah hampir punah), maka dibuatlah artikel ini. Nah, berikut ada sedikit kisah sejarah tentang asal-usul Bemo.

Sejarah Asal Usul Bemo

Bemo (singkatan dari ‘BEcak MOtor’) merupakan kendaraan bermotor roda tiga yang biasanya digunakan sebagai angkutan umum. Bemo mulai dipergunakan di Indonesia pada awal tahun 1962 di Jakarta untuk menyemarakkan iven olahraga Ganefo. Setelah laku keras di Jakarta, bemo mulai merambah ke daerah-daerah lain di Indonesia. Kehadiran bemo dimaksudkan untuk menggantikan becak karena kendaraan ini sangat praktis dan mampu menjangkau jalan-jalan yang sempit, dan dapat melaju jauh lebih cepat daripada becak.



Bemo, Daihatsu Midget, Midget, Angkutan Umum, Becak Motor

Berawal dari Jepang

Bemo adalah salah satu produk dari pabrikan otomotif terkenal Daihatsu. Pabrikan ini dulunya populer sebagai produsen truk kecil beroda tiga. Setelah Toyota mengeluarkan truk beroda empat di tahun 1954 (populer sebagai Toyoace), permintaan atas truk roda tiga Daihatsu terus merosot. Daihatsu kemudian berinovasi mengembangkan kendaraan beroda tiga yang waktu itu boleh dikemudikan pemegang SIM mobil kompak di Jepang. Hasilnya adalah Daihatsu Midget yang mulai dipasarkan tahun 1957. Kendaraan ini berukuran kecil sehingga diberi nama "midget" (kerdil).

Daihatsu Midget lalu diekspor ke beberapa negara Asia termasuk Indonesia. Dan, meluncurlah kendaraan Daihatsu pertama di Indonesia: Daihatsu Midget alias Bemo.

Evolusi Prototip Bemo

Model DK mulai dijual 1 Agustus 1957. Kemudi berbentuk stang seperti sepeda motor. Ruang pengemudi dan ruang muatan memiliki atap dari kanvas. Ruang pengemudi tidak berpintu. Panjang keseluruhan: 2.540 mm, lebar keseluruhan: 1.200 mm, tinggi keseluruhan: 1.500 mm. Penumpang maksimum 1 orang. Mesin tipe ZA, dua langkah, berpendingin sistem kipas, kapasitas silinder 250 cc, bahan bakar bensin. Kekuatan maksimum 10 tenaga kuda. Kecepatan maksimum 65 km/jam (spesifikasi dari katalog). Maksimum muatan 300 kg, berat kosong 350 kg. Variasi model berdasarkan model DK: DKA (model awal), DKII, DSV (bagian belakang dibuat kotak), DSAP (kapasitas 2 tempat duduk).

Model MP mulai dijual bulan Oktober 1959. Bagian hidung sebelah dalam menjadi bagian dari ruang pengemudi, dan bentuknya lebih manis dan halus dibandingkan model DK. Model MP mulai menggunakan stir bundar sehingga lebih mudah dikendarai. Ukuran lebih besar dibandingkan model sebelumnya, panjang keseluruhan: 2.970 mm, lebar keseluruhan: 1.295 mm, dan tinggi keseluruhan: 1.455 mm. Kapasitas tempat duduk: 2 orang. Mesin yang digunakan adalah tipe ZA, dan tipe ZD untuk Midget tipe III (kapasitas silinder: 305 cc, kekuatan maksimum 12 tenaga kuda). Model yang diproduksi: Tipe II (mesin tipe ZA), Tipe III (mesin tipe ZD).
  • 1960 - Daihatsu memperkenalkan tipe MP4 dengan panjang keseluruhan ditambah 20 cm agar bisa mengangkut muatan lebih banyak.
  • 1961 - Midget mulai diproduksi di Pakistan dengan sistem produksi bongkar pasang.
  • 1963 - Daihatsu memperkenalkan tipe MP5 dengan ruang muatan yang diperpanjang 10 cm, dan maksimum muatan 350 kg. Tipe ini tidak lagi menggunakan bensin campur, melainkan bensin dan oli yang dipisah.
  • 1972 - Produksi Midget dihentikan dengan total kumulatif produksi 336.534 unit, dan separuh dari jumlah tersebut terjual di Asia Tenggara.
  • 1996–2001 - Daihatsu memproduksi mobil kompak beroda empat yang disebut Daihatsu Midget II

Bemo, Daihatsu Midget II, Midget, Angkutan Umum, Becak Motor

Mendekati Kepunahan?

Satu keunikan bemo yang tidak bisa dilupakan selain tongkrongan lucunya adalah posisi tempat duduk penumpangnya. Karena di negeri asal, Jepang, bemo hanya dimanfatkan sebagai angkutan barang, maka ketika di negara kita dipasangkan tempat duduk, ruangan yang tersedia menjadi sempit. Apalagi biasanya bemo digunakan untuk mengangkut paling kurang delapan penumpang: 6 di bagian belakang dan 2 di depan, termasuk sang sopir. Karena itu penumpang di bagian belakang seringkali harus beradu lutut, duduk berdesak-desakan. Akibatnya, menumpang bemo dapat menimbulkan kenangan manis tersendiri, khususnya bagi mereka yang mungkin mendapat pacar gara-gara beradu lutut di bemo. Hmm, apakah anda salah satunya?

Sayang, bemo saat ini sudah banyak dihapuskan dari skema angkutan kota karena dianggap sudah terlalu tua, tidak aman lagi dan asapnya menyebabkan polusi. Namun di berbagai tempat bemo masih mampu bertahan dan sulit dihapuskan. Walaupun demikian, nama ‘Bemo’ tetap melekat dan terpatri di benak orang Indonesia. Terbukti apabila mau naik kendaraan angkutan umum orang sering menggampangkan sebutannya dengan naik bemo, meski bentuk kendaraan umum yang dinaiki itu jauh beda dengan bemo. Malangnya nasibmu Bemo, dulu menggemaskan sekarang mengenaskan.

Sumber:

52 Responses to “Bemo, Dulu Menggemaskan Sekarang Mengenaskan”

wisata riau mengatakan...
Sabtu, Juni 20, 2009

1 2 3 pertamaXXX.... wah... kangen nih aq naik bemo
sekarang dah menjadi barang antik kayaknya bro.... di Pekanbaru aja bisa dikatakan tidak ditemukan lgi... yg ada cuma bajai.. hehe...


buwel mengatakan...
Sabtu, Juni 20, 2009

bemo...bemo....


dhimas mengatakan...
Minggu, Juni 21, 2009

sekarang dah kegusur, sayang bos kendaraan antik kaya gini health love money and family


Panca mengatakan...
Minggu, Juni 21, 2009

Bemo masih ada kok, d kota sy Makassar tingkat pertumbuhan bemo (Becak Motor) sangat pesat, para tukang becak manual pada was2 dapat saingan berat


Sastrocaster mengatakan...
Senin, Juni 22, 2009

Sebenarnya bemo itu antik & unik sobat...sayangnya sekarang dah jarang beroprasi...


Tips Facebook mengatakan...
Senin, Juni 22, 2009

weh... keren2 evolusinya

coba pemerintah dengan baik hatinya mengganti bemo lama dengan seperti yang diatas :D


homyworld mengatakan...
Senin, Juni 22, 2009

sebenarnya bemo bisa dijadikan alternatif sbg kendaraan pribadi yang murah, hemat,dan unik.


si kumb@ng mengatakan...
Selasa, Juni 23, 2009

Al hamdulillah di tempat aku masih banyak bemo....
sebuah seleksi zaman...
keren sobat


بوويل mengatakan...
Selasa, Juni 23, 2009

bemo...bemo....


Reza Fauzi mengatakan...
Selasa, Juni 23, 2009

ihhh saya jadi kangen sama bemo :D


Gasa mengatakan...
Selasa, Juni 23, 2009

wehehehehehe.... mantap... kirain dari dono hehehe


angga chen mengatakan...
Kamis, Juni 25, 2009

wow keren nih infonya lengkap banget...jadi tahu banyak deh tentang bemo....thanks ya


Em@k mengatakan...
Jumat, Juni 26, 2009

Coba bemonya pake ac, secara jkt panas pst enaknya klo naik yg dingin2.. Tp tarifny jgn mahal2 (kyk Busway aja gitu (heuhehe...)


resistanCe mengatakan...
Senin, Juni 29, 2009

ternyata sejarah bemo begini... akhirnya gw tahu...^^


indon mengatakan...
Rabu, Juli 01, 2009

ah...aku baru tau sekarang kalu bemo itu singkatan dari 'becak-motor'....

nice post bro


rischan mengatakan...
Kamis, Juli 02, 2009

keren2 maz foto bemonya..........lam kenal maz.....klo ad waktu bisa mampir di blog q yang baru q buat...hehe...wong Temanggung masih newbie bangedz maz.. :D link maz dah q pasang..klo berkenan bisa tukeran maz....


Adnan Perambahan mengatakan...
Selasa, Juli 14, 2009

makasih atas komentar2nya sobat :D wahh, tambah kangen nih sama bemo :)


kerja keras adalah energi kita mengatakan...
Rabu, Oktober 28, 2009

harusnya bemo ditiadakan
karena bemo sangat meganggu di jalan


booo mengatakan...
Sabtu, Juli 03, 2010

kendaraan yang lucu yang pernah melegenda di negara kita kalau boleh tahu berapa harganya ?


Anonim mengatakan...
Selasa, November 09, 2010

Inget waktu SMP...tiap ke buahbatu pasti nsik bemo jurusan Sederhana - Buah Batu :( ( btw di bandung )


Anonim mengatakan...
Minggu, Desember 19, 2010

Bemo boleh masuk tol gak....:D


diskon gila disdus.com mengatakan...
Senin, Januari 10, 2011

baru tahu sejarahnya, makasih kawan infonya


Anonim mengatakan...
Selasa, Juli 12, 2011

wkwkwk...transportasi massal zaman bauhela...waktu kecil gue sering naik nih...:D


Anonim mengatakan...
Rabu, Maret 28, 2012

wkwkwkwkkkkkk
iget masa2 SD naek sibemo bayar 50 perak. kadang aja smpek g bayar tak tinggal lari,,,,,,
bemo bemo.......


agus widodo mengatakan...
Kamis, Mei 31, 2012

Informasi bemo yang saya baca sangat lengkap , saya. Sedang membuat. Dokumenter untuk karya TA saya , kalu boleh sayya minta alamat atau nomer HP untuk bisa di hubungin penulis artikel bemo di atas , untuk saya bertemu kirim ke alamat email sayya aguswidodo04@gmail.com . Trimakasih dan mohon balasan dan bantuanya


Diecast Murah di Bandung mengatakan...
Sabtu, Oktober 20, 2012

wah memang kendaraan yang satu ini banyak meninggalkan kenangan manis maupun pahit bagi yang pernah menaikinya, untuk mengobati kenangan itu silakan kunjungi web saya di www.star-letto.com, terdapat beberapa miniatur bemo antik yang dibuat puluhan tahun yang lalu, trims


Admin mengatakan...
Kamis, April 11, 2013

bemo mengingatkan masa masa kecil ketika d malang masih ada


iBaalsemd@gmail.com mengatakan...
Rabu, Januari 08, 2014

Ak cari bemo yg tidak bodong.dan membeli walaupun rusak yg penting tdk bodong hub 08773312399


iBaalsemd@gmail.cm mengatakan...
Rabu, Januari 08, 2014

Ak cari bemo untuk mengangkut pupu yg masih layak pakai dan yg penting jangan bodong sms 082328227168


obat herbal mengatakan...
Minggu, November 16, 2014

jualobatherbaluntukwasiratau
ramuanuntukpenyakitdiabetesbasah
jualobatherbaluntukambeienmurah
ramuanuntukpenyakitdiabetesbasah_16
jualobatherbaltradisionalampuhwasir
jualobatambeien
jualobatherbalampuhwasirmurah
jamupenyakitdiabetesbasah
jualobatampuhherbaluntukambeien
jualobatambeienherbal
jualobatambeienherbalmurahterjamin
pantanganpenyakitdiabetesbasah
jualobatambeienherbalmujarab_21
jualobatherbalwasir
jualobatambeienherbalterjamin
jualobatherbalambeien
jualobatambeienterjaminampuh
penyakitdiabeteskering
jualobatambeienampuhmurah_21
jualobatwasiratauambeienherbal
jualobatambeienampuh_21
obatpenyakitdiabeteskering
obatherbal


Obat Wasir mengatakan...
Jumat, November 21, 2014

kunjungi balik yaaa :)
Obat Wasir Ampuh
Cara mengobati Wasir
Obat Ambeien
Obat Wasir Pria Dan Wanita


Obat Wasir mengatakan...
Senin, Desember 01, 2014

jual obat herbal diabetes ampuh
obat wasir ampuh setelah melahirkan
obat penghilang nyeri ambien
mengobati ambeien dengan obat herbal
obat untuk menghilangkan sakit setelah
obat wasir ampuh harga ekonomis
obat penghilang nyeri wasir
mengobati wasir dengan ambeclear ampuh
obat selesai operasi ambeyen
obat wasir resep tradisional
obat wasir setelah melahirkan
merk obat buat ambeien yang paten
mengobati ambeien setelah melahirkan
obat wasir dan benjolan ambeien
cara mengatasi ambeien setelah
obat ambeien tradisional
obat wasir untuk ibu setelah melahirkan
jual obat herbal ambeien murah ampuh
mengobati wasir setelah melahirkan
obat herbal ambeien ibu setelah
obat ambeien untuk ibu setelah


Obat Wasir mengatakan...
Jumat, Desember 05, 2014

Huuuh


Obat Wasir Pria mengatakan...
Kamis, Desember 11, 2014

c


Obat Herbal mengatakan...
Kamis, Desember 11, 2014

ss


Arifyn Denature mengatakan...
Senin, Mei 18, 2015

Obat Penyakit Kanker
Obat Berbagai Penyakit Kelamin
Obat Penyakit Kanker
Obat Berbagai Penyakit Kelamin
Obat Penyakit Kanker
Obat Berbagai Penyakit Kelamin
Obat Penyakit Kanker
Obat Berbagai Penyakit Kelamin
Obat Penyakit Kanker
Obat Berbagai Penyakit Kelamin
Obat Penyakit Kanker
Obat Berbagai Penyakit Kelamin
Obat Penyakit Kanker
Obat Berbagai Penyakit Kelamin


Gambar kendaraan Bemo mengatakan...
Minggu, Juli 19, 2015

Artikelnya lengkap om. makasi ya.


www.obatkutilkemaluanpria.com mengatakan...
Jumat, Agustus 28, 2015

gemes


sepakbolaligainggris.org mengatakan...
Rabu, Oktober 07, 2015

Its such as you scan my mind! You appear to understand such a lot concerning this, such as you wrote the book in it or one thing. i believe that you simply may do with some pics to drive the message home to a small degree, however apart from that, this is often nice web log. an excellent scan. sbobetdefault.net


Obat Sipilis mengatakan...
Rabu, Oktober 21, 2015

Jangan selalu katakan "masih ada waktu" atau "nanti saja". Lakukan segera, gunakan waktumu dengan bijak. Obat Sipilis Di Apotik Ampuh


Agen De Nature mengatakan...
Selasa, Oktober 27, 2015

Terimakasih Gan Infonya.Dan Sekalian Ijin Nitip Gan
Obat Sipilis Ampuh
Obat Sipilis Paling Manjur


Jual Obat Sipilis Ampuh mengatakan...
Sabtu, Oktober 31, 2015

Thank you for the information. Obat Sipilis,Obat Sipilis Ampuh,Obat Sipilis Manjur,Obat Sipilis Alami,Obat Sipilis Herbal,Obat Sipilis Tradisional,Obat Sipilis Mujarab,Jual Obat Sipilis,Jual Obat Sipilis Ampuh,Gejala Penyakit Sipilis,Ciri Penyakit Sipilis,Penyebab Penyakit Sipilis,Cara Mengobati Sipilis,Cara Menyembuhkan Sipilis,Pengobatan Penyakit Sipilis,Obat Raja Singa,Obat Raja Singa Ampuh.


Obat Sipilis
Obat Sipilis
Obat Kencing Nanah
Obat Sipilis


Cinta Sejati mengatakan...
Senin, November 02, 2015

Bemo memang sudah menjadi icon nya Dono Warkop, dan aku ngefans berat sama dia, huehehee....

Btw, kalo ngelihat bemo jadi keinget mobil musuh nya Mr.Bean..

Kan kalo di serial Mr.Bean, kalo Mr.Bean lagi naik mobil kan suka ketemu sama mobil biru yg rodanya 3 itu kan... Nah, itu gak tau kenapa kayaknya Mr.Bean tuh benci banget ama tuh mobil.

Pokoknya mobil roda 3 itu sering apes, ketiban sial dan suka jadi sasaran kejahilannya Mr.Bean. Mobilnya sering ditabrak, disenggol, disempret sampe jatoh, ngeguling, nyungsep, tercebur, dll.


Cinta Sejati mengatakan...
Senin, November 02, 2015

Bemo memang sudah menjadi icon nya Dono Warkop, dan aku ngefans berat sama dia, huehehee....

Btw, kalo ngelihat bemo jadi keinget mobil musuh nya Mr.Bean..

Kan kalo di serial Mr.Bean, kalo Mr.Bean lagi naik mobil kan suka ketemu sama mobil biru yg rodanya 3 itu kan... Nah, itu gak tau kenapa kayaknya Mr.Bean tuh benci banget ama tuh mobil.

Pokoknya mobil roda 3 itu sering apes, ketiban sial dan suka jadi sasaran kejahilannya Mr.Bean. Mobilnya sering ditabrak, disenggol, disempret sampe jatoh, ngeguling, nyungsep, tercebur, dll.


Jual Obat Sipilis Ampuh mengatakan...
Kamis, November 05, 2015

THANK YOU FOR THE INFORMATION. VERY USEFUL INFORMATION FOR ME
Cara Mengobati Penyakit Kencing Nanah pada Pria dan Wanita
Gejala Penyakit Kencing Nanah Pada Pria Dan Wanita
Penyakit Kencing Nanah Atau Gonore Dan Pengobatanya


Jual Obat Sipilis mengatakan...
Minggu, November 22, 2015

Bemo kaya siapa ya :v


pembuatan kolam renang jakarta mengatakan...
Kamis, Juni 16, 2016

padahal bemo banyak kenanganya gan,,duh kasian..


jual game untuk pc murah mengatakan...
Kamis, Oktober 13, 2016

bemo sudah sangat ketinggalan jaman


endang kristiana mengatakan...
Senin, Oktober 24, 2016

Sipp...


endang kristiana mengatakan...
Senin, Oktober 24, 2016

Sipp...


endang kristiana mengatakan...
Senin, Oktober 24, 2016

Sipp...


Pak Budi Gravity mengatakan...
Sabtu, Maret 18, 2017

apakah bemo bisa dimiliki sebagai mobil pribadi ya? bukan untuk angkutan umum, maksudnya. :)


Posting Komentar

All Rights Reserved Asal Usul | Blogger Template by Bloggermint
Sponsored by IdolTracer