26 Maret 2009

Sejarah Bandung Lautan Api

bandung lautan api SUATU hari di Bulan Maret 1946, dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota Bandung menuju pegunungan di selatan. Beberapa tahun kemudian, lagu "Halo-Halo Bandung" ditulis untuk melambangkan emosi mereka, seiring janji akan kembali ke kota tercinta, yang telah menjadi lautan api.

Insiden Perobekan Bendera

Setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan harus dicapai sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengorbankan segalanya. Setelah Jepang kalah, tentara Inggris datang untuk melucuti tentara Jepang. Mereka berkomplot dengan Belanda (tentara NICA) dan memperalat Jepang untuk menjajah kembali Indonesia.


Berita pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dari Jakarta diterima di Bandung melalui Kantor Berita DOMEI pada hari Jumat pagi, 17 Agustus 1945. Esoknya, 18 Agustus 1945, cetakan teks tersebut telah tersebar. Dicetak dengan tinta merah oleh Percetakan Siliwangi. Di Gedung DENIS, Jalan Braga (sekarang Gedung Bank Jabar), terjadi insiden perobekan warna biru bendera Belanda, sehingga warnanya tinggal merah dan putih menjadi bendera Indonesia. Perobekan dengan bayonet tersebut dilakukan oleh seorang pemuda Indonesia bernama Mohammad Endang Karmas, dibantu oleh Moeljono.

Tanggal 27 Agustus 1945, dibentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR), disusul oleh terbentuknya Laskar Wanita Indonesia (LASWI) pada tanggal 12 Oktober 1945. Jumlah anggotanya 300 orang, terdiri dari bagian pasukan tempur, Palang Merah, penyelidikan dan perbekalan.

Peristiwa yang memperburuk keadaan terjadi pada tanggal 25 November 1945. Selain menghadapi serangan musuh, rakyat menghadapi banjir besar meluapnya Sungai Cikapundung. Ratusan korban terbawa hanyut dan ribuan penduduk kehilangan tempat tinggal. Keadaan ini dimanfaatkan musuh untuk menyerang rakyat yang tengah menghadapi musibah.


Berbagai tekanan dan serangan terus dilakukan oleh pihak Inggris dan Belanda. Tanggal 5 Desember 1945, beberapa pesawat terbang Inggris membom daerah Lengkong Besar. Pada tanggal 21 Desember 1945, pihak Inggris menjatuhkan bom dan rentetan tembakan membabi buta di Cicadas. Korban makin banyak berjatuhan.

Bandoeng Laoetan Api

Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik "bumihangus". Rakyat tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) di hadapan semua kekuatan perjuangan, pada tanggal 24 Maret 1946.


Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung. Hari itu juga, rombongan besar penduduk Bandung mengalir panjang meninggalkan kota.

Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Di sana-sini asap hitam mengepul membubung tinggi di udara. Semua listrik mati. Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling seru terjadi di Desa Dayeuhkolot, sebelah selatan Bandung, di mana terdapat pabrik mesiu yang besar milik Sekutu. TRI bermaksud menghancurkan gudang mesiu tersebut. Untuk itu diutuslah pemuda Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakkan gudang tersebut dengan granat tangan. Gudang besar itu meledak dan terbakar, tetapi kedua pemuda itu pun ikut terbakar di dalamnya. Staf pemerintahan kota Bandung pada mulanya akan tetap tinggal di dalam kota, tetapi demi keselamatan maka pada jam 21.00 itu juga ikut keluar kota. Sejak saat itu, kurang lebih pukul 24.00 Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Tetapi api masih membubung membakar kota. Dan Bandung pun berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan Bandung tersebut merupakan tindakan yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan sanggup melawan pihak musuh yang berkekuatan besar. Selanjutnya TRI bersama rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. Peristiwa ini melahirkan lagu "Halo-Halo Bandung" yang bersemangat membakar daya juang rakyat Indonesia.

Bandung Lautan Api kemudian menjadi istilah yang terkenal setelah peristiwa pembakaran itu. Banyak yang bertanya-tanya darimana istilah ini berawal. Almarhum Jenderal Besar A.H Nasution teringat saat melakukan pertemuan di Regentsweg (sekarang Jalan Dewi Sartika), setelah kembali dari pertemuannya dengan Sutan Sjahrir di Jakarta, untuk memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan terhadap Kota Bandung setelah menerima ultimatum Inggris.

Jadi saya kembali dari Jakarta, setelah bicara dengan Sjahrir itu. Memang dalam pembicaraan itu di Regentsweg, di pertemuan itu, berbicaralah semua orang. Nah, disitu timbul pendapat dari Rukana, Komandan Polisi Militer di Bandung. Dia berpendapat, “Mari kita bikin Bandung Selatan menjadi lautan api.” Yang dia sebut lautan api, tetapi sebenarnya lautan air”
A.H Nasution, 1 Mei 1997
Istilah Bandung Lautan Api muncul pula di harian Suara Merdeka tanggal 26 Maret 1946. Seorang wartawan muda saat itu, yaitu Atje Bastaman, menyaksikan pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak itu Atje Bastaman melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

Setelah tiba di Tasikmalaya, Atje Bastaman dengan bersemangat segera menulis berita dan memberi judul Bandoeng Djadi Laoetan Api. Namun karena kurangnya ruang untuk tulisan judulnya, maka judul berita diperpendek menjadi Bandoeng Laoetan Api.

Sumber: Bandung Society For Herritage Conservation

107 Responses to “Sejarah Bandung Lautan Api”

Bangsa Blogger mengatakan...
Kamis, Maret 26, 2009

Wah.. asyik juga baca-baca sejarah.. jadi ngebayangin jaman dulu. Nice info.., cocok sama nam blognya. Keep update. Sukses yah ^O^


Sastrocaster mengatakan...
Kamis, Maret 26, 2009

Keren bos mengingat masa lalu sejarah peradaban Indonesia. nambah wawasan. makasih sobat atas kunjungannya. sukses slalu


gdpermana mengatakan...
Kamis, Maret 26, 2009

Bandung lautan api ini bener2 kejadian seperti hiroshima dan nagasaki cuma berbeda yang ngelakuinnya ya bos guru?


eljudge mengatakan...
Jumat, Maret 27, 2009

Thanks atas ilmunya..

Tapi aku jadi tambah bertanya (maap, awam about sejarah. Emang siapa C' sbenrnya Atje Bastaman?

`New Update, Tentang hal kecil yang membawa keagungan | Leave Comment yeah..|


Adnan Perambahan mengatakan...
Jumat, Maret 27, 2009

@ gdpermana: sori bro jgn panggil guru dong, ilmunya msh dikit nih :)
hiroshima/nagasaki vs bandung sama dalam konteks masanya aja sdgkn dlm hal prjuangan tentu aja bandung lautan api dong... hiro/naga kan dibom krn keangkuhan jepang yg ingin menguasai asia


aa.LiL - belajar dan berbagi mengatakan...
Jumat, Maret 27, 2009

hehe.. itulah sejarah perebutan bandung my city... mantaaabb...


Sandiwara Kita mengatakan...
Jumat, Maret 27, 2009

Begitulah pengorbanan, siapa yang sanggup berbuat demikian di zaman sekarang..???
Tentu kita tidak belajar sejarah untuk memindahkannya mentah-mentah..., tapi jika disesuaikan dengan konteks perjuangan, siapa yang mau mengggalkan sedikit 'kepemilikannya' untuk kemajuan dan kejayaan bersama saat ini???
Susah dicari!!!

Postingan menarik

NB; Bannermu telah kupasang bro, cek di menu LINK DAN BANNER SAHABAT
Mohon di link-back ya...

a/n: Sandiwara Kita
url : http://kelassandiwara.blogspot.com


Anonim mengatakan...
Rabu, Agustus 12, 2009

Sebenarnya rakyat n TRI ga perlu tinggalkan bandung...musuh harus dilawan seperti yg terjadi pada peristiwa 10 november 1945 di surabaya, arek2 suroboyo ga takut pada sekutu walaupun surabaya digempur dari darat, laut dan udara...semboyan arek2 suroboyo tetep...MERDEKA ATAU MATI


Anonim mengatakan...
Rabu, September 30, 2009

waw asyik juga baca sejarah bandung


terima kasih atas ilmunya


Anonim mengatakan...
Senin, Oktober 19, 2009

Penting tidakkah Bandung lautan Api; apakah ada pengaruhnya? Setuju tidak kah rakyat? Yang jelas rakyat menderita gara-gara tindakan emosional semata; lebih baik bertahan dan berjuang

saya malu jadi orang bandung


Pasa Firaya, ST mengatakan...
Sabtu, Oktober 31, 2009

Berkunjung dan baca infonya.
Menjalin relasi dan persahabatan.


suratagung mengatakan...
Senin, Maret 22, 2010

Yuk, teman-teman, selama kita masih ada di Bandung, kita lebih mengenal kota ini, dan lebih mencintainya dengan memberikan kontribusi positif! biar kecil tapi kita berbuat, tidak hanya protes. jadi, keberadaan kita di Kota Bandung inipun menjadi berarti dan bermanfaat.

Komunitas Sahabat Kota mengundang teman-teman untuk menghadiri Rabu Belajar spesial Bandung Lautan Api :D

24 Maret 2010
Selasar Sunaryo Artspace
2.00 - 5.00
acara:
1) pemutaran film dokumenter Bandung Lautan Api (bekerjasama dengan Bandung Heritage),
2) sesi bertanya-tanya dan berbagi pengalaman dari Ibu Tuti dan Ibu Saartje, mantan pejuang (Laskar Wanita Indonesia)
juga ada Kang Tubagus Adhi dari Bandung Heritage dan Pak Sunaryo pembuat stilasi Bandung Lautan Api dan Monumen Tegalega

kenapa kamu harus datang?
selain karena acara ini GRATIS, kita akan berbagi pengetahuan dan wawasan tentang Kota Bandung, sehingga suatu saat kita bisa berkontribusi positif pada perubahan Kota Bandung kita :D


youiu mengatakan...
Jumat, April 23, 2010

:)) ;)) ;;) ;) :p :(( :) :( :x =(( :-o :-\ :-^ :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))


Anonim mengatakan...
Minggu, Agustus 29, 2010

Kenapa mesti malu mejadi orang bandung?
Justru yang emosional itu kalo kita berjuang tanpa berpandangan kedepan.
Jika tidak merdeka lalu mati dan tetap tidak merdeka?
Lebih baik kita berjuang dengan strategi.
Toh setelah TRI membakar Bandung, rakyatnya menyerang secara bergerilya dari berbagai penjuru kota.
Tidak sekedar membakar lalu kabur.
Itu justru strategi bung!
Tidak "sekadar" MERDEKA ATAU MATI, tapi MERDEKA ATAU MERDEKA.
jangan asal berjunag karena tidak mau tidak mendapatkan ketidak merdekaan lalu mati? Huh! Itu sih egois!


Anonim mengatakan...
Selasa, September 28, 2010

bener2 perjuangan yang hebat


muhammad yaser mengatakan...
Sabtu, Oktober 09, 2010

wahk ternyata bandoeng dulunya semua rumah ma harta bendanya di bakar demi kemerdekaan indonesia hidup indonesia :)


infus printer mengatakan...
Jumat, Oktober 29, 2010

menglautan apikan bandung adalah suatu siasat yang sudah biasa dalam perang, bukan berarti pengecut. Melawan sampai mati bukan berarti pemberani, dalam perang siasat dan nyali harus seiring.


Anonim mengatakan...
Minggu, November 07, 2010

bandung lautan api, peristiwa paling tragis dlm sejarah indonesia. sebaiknya tdk usah disebut2 lagi, apalagi dibanggakan... Hidup pertempuran surabaya, pertempuran semarang, hidup pertempuran solo, pertempuran palembang, pertempuran medan area... they were the real fighter freedom!!


aniie aiisyah agatha mengatakan...
Rabu, November 10, 2010

salut dengan pahlawan pahlawan jaman dulu rela ber korban demi nusa dan bangsanya , agar bisa hidup tentram dan sejahtera


Lia's family mengatakan...
Rabu, November 17, 2010

OOOOOO DASAR BELANDA KURANG AJAR!!! xhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/100.gif( SETELAH BACA BLOG INI SEMANGAT QU MENJADI BERKOBAR LAGI!!!!! :-L


Anonim mengatakan...
Rabu, Desember 15, 2010

maatih yack cuangatzzz beudh ach :-* =((


Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...
Senin, Januari 10, 2011

aku salut dengan pahlawan dahulu yg berjuang tanpa pamrih


Anonim mengatakan...
Selasa, Maret 15, 2011

keren...kita harus bangga melihat bandung lautan api begitu susahnya perjuangan merebut bandung....


Anonim mengatakan...
Minggu, Maret 20, 2011

wach ak jd penesaran,,,,,
ama kota bandueng jmman dulo


diphtegh mengatakan...
Rabu, Maret 23, 2011

suka banget cerita sejarah kaya gini


afni c@h godong mengatakan...
Jumat, Mei 06, 2011

wach g ada abise kalo crita tentang sejarah,,,,
crita yg nyta dan apa adnya itu yg bsa bwat kita semangat,,,,,,,,


GOENCAKEP mengatakan...
Senin, Mei 09, 2011

bagus bro, mohon izin copy ya...


panduan wisata bandung mengatakan...
Jumat, Juli 15, 2011

Bandung memang kota gerilya, dimana tak begitu saja para tentara dan rakyat Bandung menyerahkan Bandung kepada penjajah...


Anonim mengatakan...
Jumat, Agustus 19, 2011

mksii atas ilmunya..
kerenzz
jangan maluu yaya menjadii budaxx bandung..
:))


M Argus Chopin Gyver mengatakan...
Jumat, Oktober 07, 2011

Makisih ya, sudah mengepos cerita tentang sejarah. site ini telah membantu saya untuk mengerjakan pr IPS saya.


Anonim mengatakan...
Rabu, Oktober 12, 2011

;;) ;))

WeWe


bra pembesar payudara mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil


beauty bust mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu


beauty bust cream mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.


cara merawat payudara mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.


perawatan payudara mengatakan...
Selasa, November 15, 2011

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih


obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...
Sabtu, Januari 28, 2012

mengerikan para pahlawan tidak takut akan mati,,


obat herbal diabetes tipe 2 mengatakan...
Selasa, Januari 31, 2012

maju terus pantrang mundur itulah seruan para pahlawan,,


obat herbal jantung koroner mengatakan...
Selasa, Januari 31, 2012

good artikel i ever read. tks for share.


obat alternatif thalasemia mengatakan...
Selasa, Maret 06, 2012

peristiwa yag semakin membuka mata dunia tentang keberanian rakyat indonesia


bandung lautan api mengatakan...
Rabu, Maret 21, 2012

bayangkan jika berada pada masa itu, sungguh menegangkan


Anonim mengatakan...
Sabtu, April 07, 2012

Bandung lautan api adalah salah satu siasat rakyat bandung untuk merdeka bukan kah begitu dulur....????


Anonim mengatakan...
Kamis, April 19, 2012

Apapun itu, saya salut dengan perjuangan rakyat kota bandung, rela mengorbankan harta dan nyawa utnuk kemerdekaan, Tapi..... Saya malu melihat keadaan sekarang yang terjadi di negara ini, mulai dari siswa SMP, SMA, Perguruan tinggi saling gontok gontokan, hanya mementingkan ego, bukan berbuat untuk negara dan bangsa yang kita cintai ini, para pejabat saling sikut sibuk mempertahan kan jabatan bukan sibuk mengurusi rakyat yang susah, wakil rakyat yang kita pilih tidak lagi membawa ispirasi rakyat lagi, Pembaca mari kita renungi dan mari kita berbuat, kemana mau kita bawa negara ini....., akan kita jadikan apa negara ini...., Mari kita mulai dari hal yang kecil untuk menggapai yang lebih besar....


ஜ۩۞۩ஜ ⒶⒻⒾⒻⒶⒽⒹⒾⓃⒶⓇ ❦ mengatakan...
Jumat, April 20, 2012

Izin copas ya , tapi saya juga nyantumin sourcenya itu dari anda kok , makasih sebelumnya ;------)


Bambang Gene mengatakan...
Minggu, Mei 20, 2012

mantaap ini yang ane cari gan


intanps mengatakan...
Jumat, Juli 06, 2012

postingnya bagus, bermanfaat dan menambah wawasan saya. jika ada waktu mampir yuk ke blog saya
http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
ditunggu ya, terimakasih ^^


anita_sahadatin mengatakan...
Jumat, Agustus 24, 2012

isinya hampir lengkap..
maksih ya, udah nambah refrensi ni buat tugas sekolah..
good job :*


Anonim mengatakan...
Senin, September 10, 2012

wah aq gak setuju tuh


Anonim mengatakan...
Senin, September 10, 2012

wah ndengerin kayak gitu, mending kita kentu aja


Imam mengatakan...
Selasa, September 18, 2012

sipp bngt browww


Kitchen Cabinets mengatakan...
Selasa, September 18, 2012

Hey
Sejarah Bandung Lautan Api
It is a bright light! Thank you for sharing your talent and wholesome information about with us.
With Best Wishes
bedroom | sofa | kitchen | bathroom | living room


Anonim mengatakan...
Jumat, September 21, 2012

Bang Adnan, mohon ijin Copas. Salam kenal (Patria mahardika di FB)


Anonim mengatakan...
Jumat, September 21, 2012

wis keren ternyata perjuangannya semudah yg dibayangkan




Anonim mengatakan...
Jumat, September 21, 2012

kata siapa mudah dah tau susah


WikiVitamin.Com mengatakan...
Selasa, Oktober 09, 2012

oh, begitu ya..


Putry CB mengatakan...
Senin, Oktober 15, 2012

Ijin kopas Tuan...thank's


Cyntia Sarah Caem mengatakan...
Minggu, Oktober 21, 2012

Perlu ada upaya yang lebih keras untuk merawat berbagai bangunan tua sejarah kota bandung...
Itu semua bisa menjadi modal wisata kota bandung dan meningkatkan ekonomi masyarakat Bandung


materisekolah.com mengatakan...
Kamis, November 22, 2012

Bandung... memang penuh dengan sejarah... thanks bang adnan atas infonya..


Twilight liefhebber mengatakan...
Selasa, November 27, 2012

Artikel yg bgs. Ijin copast gan. nuhun pisan.
salam perjuangan.


armstrong indonesia mengatakan...
Rabu, November 28, 2012

bndung lautan api adlah bkti perjuangan pahlawan bngsa


security services mengatakan...
Rabu, November 28, 2012

kota bandung bkti perjuangan bngsa


industrialmaintenance mengatakan...
Rabu, November 28, 2012

bndung kota indah yg memiliki bnyak sejarah d dlem nya


pemeliharaan mesin mengatakan...
Rabu, November 28, 2012

bandung kota menajubkan yg menyimpan bnyak crita perjuangan para pahlwan


jantung koroner mengatakan...
Rabu, November 28, 2012

bandung kota sejarah yg menajubkan


rumah disewa mengatakan...
Rabu, November 28, 2012

bandung kota yg indah dengan sejarah perjuangan nya


motivator indonesia mengatakan...
Rabu, November 28, 2012

bndung kota sejarah yg elok dng pemandangan nya


Cara Mengobati Penyakit Jantung mengatakan...
Selasa, Januari 29, 2013

Bandung,,,,,,


Liputan 86 mengatakan...
Jumat, Februari 22, 2013

merrrdeka...

http://klik-kcclub.blogspot.com/

http://asali-sumele.blogspot.com/

http://asali-sumele.blogspot.com/

http://okesharezone.blogspot.com/

http://profile-biografi.blogspot.com/

http://contoh-cara-surat.blogspot.com/

http://www.anangili.web.id/

http://seogila.blogspot.com/

http://vco86.blogspot.com/


portal informasi mengatakan...
Jumat, Maret 01, 2013

makasi infonya,, jadi mengerti saya arti sejarah.. thk sob


animasi power point mengatakan...
Sabtu, Maret 02, 2013

sip inponya gan... thanxs
Microsoft Office Tips
Desain Rumah Minimalis
Desain Rumah Minimalis
How To Root


budi mengatakan...
Sabtu, Maret 23, 2013

pertama-tama salut buat wartawan atje bastaman yang konon menurut tulisan diatas bisa melihat bandung dari pameungpeuk garut. Ini bener bener paranormal. pameungpeuk itu laut selatan.

Peristiwa bandung lautan api adalah seperti halnya rumah kita kemasukan tikus, supaya mati tuh tikus kita bakar aja rumah kita. Merdeka matilah penjajah.

Sudah gosong semua tikus silahkan pergunakan sisa yang ada hahahaha


Anonim mengatakan...
Rabu, Maret 27, 2013

Saya usul supaya sejumlah peristiwa terkait dengan perjuangan Indonesia diperkenalkan dengan luas atau diperingati secara nasional – walau tanpa libur. "Bandung Lautan Api" layak masuk peringatan secara nasional - mengingat aktivis Republik atau anak bangsa yang terlibat mencakup berbagai latar belakang, dapat mewakili Indonesia. Perlu penyadaran seluruh anak bangsa bahwa sesuatu yang bernama “ Indonesia” terwujud melalui proses yang panjang dan brutal. Indonesia berawal dari mimpi besar dan kerja besar. Wilayah hampir seluas Eropa ingin dipersatukan dari perpecahan sekaligus dibebaskan dari penjajahan asing . Saya tegaskan bahwa proses terbentuk Indonesia tidak lepas dari perlawanan terhadap penjajahan asing. Terentang waktu dari tahun 1511 – ketika Portugis merebut Kesultanan Malaka – hingga tahun 1962, ketika Belanda hengkang dari Irian / Papua. Jutaan orang tewas untuk meraih mimpi tersebut, termasuk mereka yang gugur di Bandung, termasuk anggota keluarga saya yang gugur di Front Karawang-Bekasi dan Front Jawa Tengah. Mengingat, mengenang, merayakan peristiwa yang terkait dengan riwayat perjuangan Indonesia lebih baik dari pada mengingat, mengenang, merayakan peristiwa yang tidak terkait dengan hal tersebut di atas – semisal Valentine Day, April Mop, Thankgiving atau Halloween.

Wassalam,


Indra Ganie
Bintaro Jaya - Tangerang


Anekahosting.com web hosting murah terbaik di indonesia mengatakan...
Rabu, Juli 31, 2013

keren kak.. izin nyimak aja ah...


Belanja Elektronik Di Evoelectronic.com mengatakan...
Rabu, Juli 31, 2013

izin share bang..


Citra Indah mengatakan...
Rabu, Juli 31, 2013

ayo bung kita rebut kembali...


828Bet.com Agen Bola Terpercaya Piala Dunia 2014 mengatakan...
Sabtu, September 07, 2013

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu


faik helmi mengatakan...
Rabu, September 25, 2013

Maaf gan disini engga tertera latar belakangnya .. Latar belakangnya apa ya ?


ITUPOKER.COM AGEN POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA mengatakan...
Minggu, Oktober 20, 2013

Kereen ini bisa di jadikan bahan referensi Makasih ya


POKER ONLINE mengatakan...
Minggu, Oktober 20, 2013

Makasih banyak gan Artikelnya bagus dan sangat Menarik


cristiano muqti mengatakan...
Selasa, November 19, 2013

Sebaiknya resensinya diperbanyak lagi

namun materi diatas sdah bagus


Anonim mengatakan...
Selasa, November 19, 2013

Klikgaul.com Portal Berita artis ,K-Pop , Zodiak, Love Paling Keren dan Update ... Keren bukan? jelas keren, apalagi beritanya Update setiap harinya. jejak-seo
I've been waiting for someone to share these articles. Cara Meningkatkan Penjualan Online
It really makes me feel that I want to read more. Thank you very much to write such an interesting article on this topic. Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia
:) Itupoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
That fantastic! realy! these website is way better then everything I ever saw. Thanks for sharing! Itupoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya Thanks for sharing! Klikgaul.com Portal Berita artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update I am really impressed . http://goo.gl/FauIIb | http://goo.gl/wDNL5q | http://goo.gl/sK9D7O


Sumber mengatakan...
Kamis, November 28, 2013

memang kalau bukan kita lalu siapa lagi yg akan meneruskan perjuangan nenek moyang kita...


Melati Almatu Sholikah mengatakan...
Selasa, Januari 07, 2014

yap ..maksihh


sarang semut mengatakan...
Rabu, Februari 05, 2014



Sarang Semut Papua
Buah Merah Papua
Rumput kebar Papua
Kayu Akway


Sambut Brazil 2014 mengatakan...
Sabtu, Maret 15, 2014

bahan referensi baru nich..


PEMUDA SOSIAL FUTSAL COMMUNITY mengatakan...
Minggu, Maret 23, 2014

jadi hayang balik ,sono ka bandung........................


Anonim mengatakan...
Sabtu, April 05, 2014

salut BANDUNG LAUTAN API!
Strategi paling jitu dan jenius membumihanguskan kota tercinta untuk menyerang balik pihak musuh. Daripada bertahan mati konyol lebih baik menyerang dengan cerdas. Salut untuk kecerdasan para pejuang kemerdekaan.
Hal yang bisa kita jadikan pembelajaran, jangan melawan dengan emosi tapi dengan strategi!


Kursus SEO mengatakan...
Kamis, April 17, 2014

sejarah yang semakin dilupakan...


PAK JONO DI ACEH mengatakan...
Jumat, April 25, 2014

Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI



Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI


Anonim mengatakan...
Minggu, Juni 22, 2014

Major cities in Indonesia is a very attractive option for a family vacation destination. Surabaya, Bali, Makassar, Bandung, Jakarta,
* http://www.lesitedubienetre.com/node/63075/
* http://fragme.info/forum/general-discussion/general-topic/danmogotcom-toko-online-murah-terbaik-di-indonesia
* http://www.ikkunasuomenluontoon.fi/node/32803
Documentation Of PCI Compliance Processes? No Thanks!Small Company PCI ComplianceFor many Merchants subject to the PCI DSS,
* https://www.givology.org/~sigithermawan/blog/84590/
* http://electronicclubhouse.com/link/767
* http://domainhosting4your.blogspot.com/2014/06/danmogot-com-toko-online-murah-terbaik-di-indonesia.html
September is always a significant deadline for proving that compliance with the security measures of the PCI DSS has been met.Unless you are a Tier 1 merchant (transacting in excess of 6 million card sales each year) and being audited by a PCI Security Standards Council QSA (Qualified Security Assessor) then you will be using the Self-Assessment route.

* http://www.lautanindonesia.com/blog/1optimasikontes/blog/34193/danmogotcom-toko-online-murah-terbaik-di-indonesia
* https://carmenwiki.osu.edu/display/10626/2014/06/14/Danmogot.com+Toko+On…
* http://www.corazonrumano.com/blogs/viewstory/48673
* http://www.rs4coin.com/node/27128
* http://www.camorr.com/forum/danmogotcom-toko-online-murah-terbaik-di-indonesia
* http://sigithermawan.siswa.sman1-slo.sch.id/2014/06/14/danmogot-com-toko-online-murah-terbaik-di-indonesia/
is part of a family holiday destination choice. If you choose these towns then feel wrong in doing the best accommodation choice in Indonesia. Throne Hotels & Resorts


Tutorial Blog mengatakan...
Rabu, Juli 09, 2014

Very good article. I really like your writing style. I wait for your next post. If anyone needs, I have information about Tutorial Blog


buah merah mengatakan...
Selasa, Agustus 19, 2014

Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Sarang Semut Papua
Buah Merah Papua
Buah Merah Papua
Buah Merah Papua
Buah Merah Papua
Buah Merah Papua
Buah Merah Papua
Rumput kebar Papua
Kayu Akway Papua


bpk wijaya mengatakan...
Senin, September 22, 2014

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka 2479 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI .JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]



ANGKA GHOIB: SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA GHOIB: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA GHOIB; TEXAS



ANGKA GHOIB; TOTO/ MAGNUM 4D/5D/6D/



ANGKA GHOIB; LAOS













































KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka 2479 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI .JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]



ANGKA GHOIB: SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA GHOIB: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA GHOIB; TEXAS



ANGKA GHOIB; TOTO/ MAGNUM 4D/5D/6D/



ANGKA GHOIB; LAOS


rental mobil bandung mengatakan...
Senin, September 29, 2014

Hebat! dan membakar semangat akan perjuangan TNI bersama rakyat Bandung dalam membela serta merebut kemerdekaan yang tidak sudi menjadi negara yang dijajah oleh bangsa asing!


denis febrianto mengatakan...
Kamis, Oktober 02, 2014

Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus.hub:085398273557
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang pasti
Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=MBAH JOKO , 2D,3D,4D
di jamin tembus 100% silahkan:
Hub : (MBAH JOKO)
(085398273557) Adapun Besar Pergantian
Biayanya tergantung Paket Yang kami berikan


Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus.hub:085398273557
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang pasti
Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=MBAH JOKO , 2D,3D,4D
di jamin tembus 100% silahkan:
Hub : (MBAH JOKO)
(085398273557) Adapun Besar Pergantian
Biayanya tergantung Paket Yang kami berikan


PAK DONI DI MALAYSIA mengatakan...
Jumat, Oktober 10, 2014

saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KABOIRENG yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH KABOIRENG dan dengan senang hati MBAH KABOIRENG mau membantu saya..,ALHAMDULILLAH nomor yang dikasi MBAH KABOIRENG semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH KABOIRENG DI nomor barunya 085=260=482=111 mohon maaf MBAH KABOIRENG telah ganti nomor soalnya nomor yang satunya tidak bisa dipergunakan lagi dan ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH KABOIRENG KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI













saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KABOIRENG yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH KABOIRENG dan dengan senang hati MBAH KABOIRENG mau membantu saya..,ALHAMDULILLAH nomor yang dikasi MBAH KABOIRENG semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH KABOIRENG DI nomor barunya 085=260=482=111 mohon maaf MBAH KABOIRENG telah ganti nomor soalnya nomor yang satunya tidak bisa dipergunakan lagi dan ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH KABOIRENG KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI











PAK YUYUNGG mengatakan...
Sabtu, Oktober 18, 2014

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D 3D 4D SGP/HK/MALAYSIA HUB KI RONGGENG (085=256=200=352) ATAU KLIK http://roomsgp.blogspot.com JIKA ANDA INGIN MENGUBAH NASIB..Thank's Roomnya Sobat


AsianBrilliant and SmartSukses mengatakan...
Jumat, November 07, 2014

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private


Juning tyas mengatakan...
Sabtu, November 08, 2014

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia


obat herbal mengatakan...
Minggu, November 16, 2014

jualobatherbaluntukwasiratau
ramuanuntukpenyakitdiabetesbasah
jualobatherbaluntukambeienmurah
ramuanuntukpenyakitdiabetesbasah_16
jualobatherbaltradisionalampuhwasir
jualobatambeien
jualobatherbalampuhwasirmurah
jamupenyakitdiabetesbasah
jualobatampuhherbaluntukambeien
jualobatambeienherbal
jualobatambeienherbalmurahterjamin
pantanganpenyakitdiabetesbasah
jualobatambeienherbalmujarab_21
jualobatherbalwasir
jualobatambeienherbalterjamin
jualobatherbalambeien
jualobatambeienterjaminampuh
penyakitdiabeteskering
jualobatambeienampuhmurah_21
jualobatwasiratauambeienherbal
jualobatambeienampuh_21
obatpenyakitdiabeteskering
obatherbal


Obat Wasir mengatakan...
Jumat, November 21, 2014

kunjungi balik yaaa :)
Obat Wasir Ampuh
Cara mengobati Wasir
Obat Ambeien
Obat Wasir Pria Dan Wanita


Makanan Kesehatan mengatakan...
Rabu, November 26, 2014

Makanan Suplemen Makanan yang Tepat
Makanan Kesehatan
Suplemen Makanan


bpk muliadi mengatakan...
Rabu, November 26, 2014

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل




























KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل



JUAL TUYUL mengatakan...
Sabtu, November 29, 2014

Kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada Alla S.w.t dan terima kasih banyak kepada MBAH SUGEM atas nmr togel yang MBAH berikan 4 angka kemarin ( 7276 ) togel SGP benar2 tembus 100%, dan sekarang saya bisa melunasi hutang2 saya sama tetangga dan di bank, dan bukan cuma itu MBAH, saya akan mencoba untuk buka usaha, demi mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2nya, itu berkat bantuan MBAH, sekali lagi makasih banyak ya MBAH, Buat pecinta togel yang ingin seperti saya, silahkan Hub : MBAH SUGEM Di nmr >>>"" 085319654747""<<<< anda pasti bisa seperti saya menang togel kemarin 275jt, SALAM PERSAHABATAN.


PAK SURYONO DI BATAM mengatakan...
Selasa, Desember 02, 2014

Setelah Sekian Lama Saya Mengenal Dunia Permainan Togel.Baru Kali ini Saya Brhasil Tembus Empat Angka Yaitu_3394_AlhamduLillah Saya Menang 42jta.Ini Semua Berkat Bantuan Angka Ghoib Hasil Ritual.Dari AKI,RAWON.Ini Adalah Benar2 Kisah Nyata Dari Saya.Untuk Anda Saudara Saudara Saya Yang Ingin Mendapatkan Angka Ghoib Hasil Ritual Jitu 2D.3D.4D.6D.Di Jamin 100% Tembus.Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,RAWON.Di Nomor(_0_8_5_3_2_1_8_8_7_2_7_7_)Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri Jika Anda Ingin Mengubah Nasib Anda Seperti Saya.Terimah Kasih.Thank'z Roomx Zhobath ★

Setelah Sekian Lama Saya Mengenal Dunia Permainan Togel.Baru Kali ini Saya Brhasil Tembus Empat Angka Yaitu_3394_AlhamduLillah Saya Menang 42jta.Ini Semua Berkat Bantuan Angka Ghoib Hasil Ritual.Dari AKI,RAWON.Ini Adalah Benar2 Kisah Nyata Dari Saya.Untuk Anda Saudara Saudara Saya Yang Ingin Mendapatkan Angka Ghoib Hasil Ritual Jitu 2D.3D.4D.6D.Di Jamin 100% Tembus.Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,RAWON.Di Nomor(_0_8_5_3_2_1_8_8_7_2_7_7_)Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri Jika Anda Ingin Mengubah Nasib Anda Seperti Saya.Terimah Kasih.Thank'z Roomx Zhobath ★


obat wasir ambeclear mengatakan...
Kamis, Desember 11, 2014

.


KATIMAN SURABAYA mengatakan...
Sabtu, Desember 20, 2014

saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH WITJAKSONO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH WITJAKSONO dan dengan senang hati MBAH WITJAKSONO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasih semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH WITJAKSONO DI 0852_2223_1459. ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga KLIK=>>> BOCORAN ANGKA TOGEL





saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH WITJAKSONO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH WITJAKSONO dan dengan senang hati MBAH WITJAKSONO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasih semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH WITJAKSONO DI 0852_2223_1459. ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga KLIK=>>> BOCORAN ANGKA TOGEL





saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH WITJAKSONO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH WITJAKSONO dan dengan senang hati MBAH WITJAKSONO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasih semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH WITJAKSONO DI 0852_2223_1459. ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga KLIK=>>> BOCORAN ANGKA TOGEL


Poskan Komentar

All Rights Reserved Asal Usul | Blogger Template by Bloggermint
Sponsored by IdolTracer